Higuain Puji Penerapan Formasi Baru Juventus

Sepakbola – Striker Gonzalo Higuain memuji perubahan formasi Juventus yang diterapkan oleh pelatih Massimiliano Allegri belakangan ini.

Gonzalo Higuain

Gilabola.com – Striker Gonzalo Higuain memuji perubahan formasi Juventus yang diterapkan oleh pelatih Massimiliano Allegri belakangan ini.

Jika selama ini Juventus kerap memainkan formasi 3-5-2 baik di kompetisi domestik maupun Eropa, namun belakangan ini ada yang berbeda. Allegri memainkan formasi 4-2-3-1. Formasi baru ini diterapkan saat Juve mengalahkan Sassuolo 2-0 di ajang Serie A, Senin (30/1) dini hari WIB.

Dalam formasi baru ini, Allegri memainkan empat bek, dari sebelumnya tiga bek. Sedangkan di lini depan dia mengandalkan satu ujung tombak, yang ditopang oleh tiga pemain bernaluri menyerang. Memasang empat bek dan lebih mengandalkan seorang striker di depan ternyata cukup berhasil.

Dengan formasi ini, pertahanan Juventus menjadi ditembus lawan, sementara penyerangan mereka pun bertambah berbahaya. Higuain tak hanya memuji keberanian Allegri dalam mengubah formasi, tapi juga merasa puas dengan formasi baru ini.

“Pelatih punya keberanian untuk mengganti formasi. Siapa pun yang bermain (di lini depan) menunjukkan bahwa bos bisa melakukannya,”ungkap Higuain, dilansir Football-Italia.

“Kami berharap masih bisa beradaptasi, masih ada jalan panjang yang harus ditempuh, jika kami bermain seperti itu, maka akan sulit untuk semua orang,” tambah mantan pemain Napoli asal Argentina ini.

Sebelumnya striker Mario Mandzukic juga mengaku sangat senang dengan formasi tersebut. Dia menyebut formasi itu bagus bagi mereka di saat menyerang dan bertahan.  Yang membuat Mandzukic tambah senang adalah karena dia berpeluang untuk selalu dimainkan di setiap laga. Dengan formasi tadi, pemain penyerang andalan Juventus seperti Gonzalo Higuain, Juan Cuadrado, Paulo Dybala dan Mandzukic, bisa langsung dimainkan sekaligus sejak awal.

Sebelumnya ketika Allegri masih memainkan pola 3-5-2, Mandzukic kerap dimainkan sebagai pemain pengganti karena lini serang lebih dikuasai oleh Higuain dan Dybala. Sehingga sempat muncul rumor kalau dia bakal dilepas pada Januari ini.

“Banyak pemain yang bisa maju menyerang tapi jika semua pemain bisa melakukan ini dengan benar, maka kami bisa beradaptasi dengan situasi dengan baik,” ucap Mandzukic seperti dikutip Football Italia. “Kita akan lihat apakah kami akan terus bermain dengan formasi ini, tapi saya kira ini sistem yang bagus yang bisa mengeluarkan semua kualitas kami dalam menyerang. Ketika bertahan, kami semua bertahan bersama, ada keseimbangan,” tambahnya.

Apakah formasi itu berjalan ekfetif? Jika melihat hasil positif yang diraih Juve dalam tiga laga terakhir maka formasi itu cocok bagi Si Nyonya Tua. Mereka mengalahkan Lazio 2-0 pada laga Serie A, 22 Januari lalu, dan mengalahkan AC Milan 2-1 pada semifinal Coppa Italia pertengahan pekan lalu, dan mengalahkan Sassuolo 2-0, Senin (30/1) dini hari WIB.

Sepakbola.cc