Jerman vs Italia: Jerman waspadai pengkhianat -  Jelang duel dengan Italia di semifinal Piala Eropa 2012 di National Stadium, Warsawa, Kamis (28/6) atu Jumat dinihari WIB, pelatih Jerman, Joachim Loew, kembali dilanda kekhawatiran adanya pengkhianat yang akan membocorkan strateginya kepada pers.

Kekhawatiran Loew cukup beralasan. Pasalnya enam jam sebelum duel dengan Yunani di babak perempatfinal pekan lalu, kubu Yunani sudah tahu kalau Loew akan mengistirahatkan trio penyerang Mario Gomez, Lukas Podolski dan Thomas Muller. Untungnya Jerman menang 4-2 di laga tersebut.

Ternyata kebocoran susunan pemain Jerman bukan hanya terjadi saat melawan Yunani. Ketika bertemu Portugal di partai pertama penyisihan Grup B, Loew juga diketahui oleh lawan akan menurunkan Mario Gomez daripada Miroslav Klose. Di lini pertahanan, dia juga diketahui memilih Mats Hummels ketimbang bek Arsenal, Per Mertesacker.

Pada pertandingan terakhir Grup B melawan Denmark, keputusan menjadikan Lars Bender sebagai starter di posisi bek kanan juga sudah diketahui publik beberapa jam sebelum laga.

Kebocoran-kebocoran itu yang membuat Loew berang. Usai laga melawan Yunani di perempatfinal, dia menuding ada orang dalam Tim Panzer yang membocorkan susunan pemainnya kepada media sebelum pertandingan. Loew mensinyalir ada agen pemain Tim Panzer yang membocorkan strateginya.

Karena itulah menjelang duel dengan Italia, Loew meminta kepada seluruh pemainnya agar menutup mulut rapat-rapat.

“Kami sekarang sangat waspada. Normal jika pemain bilang kepada istri atau pacarnya bahwa dia akan bermain. Tapi, tak seharusnya pemain memberikan bocoran kepada agennya. Itu tidak bagus, karena kami tak ingin dengan mudah diprediksi lawan,” kata Loew.

BAGIKAN