Massimo Moratti Mundur Dari Inter Milan

Rumor menyebutkan, Massimo Moratti dan penguasa baru Inter Erick Thohir tidak sepakat soal masa depan klub. Sumber lain menyebut, pelatih Walter Mazzarri sebagai sumber ketidaksepahaman. Massimo Moratti telah mengakhiri hubungannya selama hampir 20 tahun bersama Inter dengan mengundurkan diri dari posisinya sebagai presiden kehormatan klub. Pria 69 tahun itu mendapatkan posisi itu tahun lalu setelah menyelesaikan kesepakatan transfer […]

Liga Italia  - Massimo Moratti Mundur Dari Inter Milan

Rumor menyebutkan, Massimo Moratti dan penguasa baru Inter Erick Thohir tidak sepakat soal masa depan klub. Sumber lain menyebut, pelatih Walter Mazzarri sebagai sumber ketidaksepahaman.

Massimo Moratti telah mengakhiri hubungannya selama hampir 20 tahun bersama Inter dengan mengundurkan diri dari posisinya sebagai presiden kehormatan klub.

Pria 69 tahun itu mendapatkan posisi itu tahun lalu setelah menyelesaikan kesepakatan transfer saham mayoritas kepada Thohir.

Namun, setelah hanya 12 bulan dalam peran barunya, taipan minyak itu mengundurkan diri, bersama dengan putranya Angelomario, Rinaldo Ghelfi dan Alberto Manzonetto, tiga direksi jatah Moratti di dewan klub.

Liga Italia  - Massimo Moratti Mundur Dari Inter Milan
Massimo Moratti (kanan) bersama pemain asal Inggris, Paul Ince.

Ada sebuah pernyataan dari perusahaan Moratti yang masih memegang saham minoritas di klub itu sampai hari ini:

“Internazionale Holding Srl, sebuah perusahaan yang dipimpin oleh Massimo Moratti dan anak-anaknya Angelomario Moratti dan Giovanni Moratti, dan memegang 29,5 persen dari FC Internazionale Milano Spa mengkomunikasikan bahwa per hari ini Angelomario Moratti, Rinaldo Ghelfi dan Alberto Manzonetto telah mengundurkan diri dari jabatan mereka sebagai direktur di FC Internazionale Milano Spa.”

“Internazionale Holding Srl juga mengumumkan bahwa Massimo Moratti hari ini telah mengundurkan diri sebagai Presiden Kehormatan FC Internazionale Milano Spa yang ditawarkan kepadanya oleh Erick Thohir pada bulan November tahun lalu.”

Spekulasi mengatakan, Moratti dan Thohir berbeda pendapat soal masa depan klub.

Moratti mengambil alih klub dan posisi presiden pada tahun 1995 dan selama 18 tahun melihat Inter mengumpulkan lima scudetto, empat Coppa Italia, empat Supercoppa Italia, Liga Champions, Piala UEFA dan Piala Dunia Klub.

Setelah berbulan-bulan negosiasi, ia kemudian memindahkan saham mayoritas kepada Thohir pada bulan November 2013, dengan angka transaksi yang dilaporkan sebesar € 250 juta (setara Rp 3,8 Trilyun).

Liga Italia  - Massimo Moratti Mundur Dari Inter Milan

Ayah Moratti, Angelo, juga menjadi presiden klub pada 1955-1968, selama era La Grande Inter.

Erick Thohir sendiri belum lama ini mengatakan, akan mengembalikan Inter ke daftar 10 klub berpenghasilan terbesar di dunia. Ia menerapkan empat strategi untuk itu.

Pertama, dia akan menggunakan model bisnis seperti yang terjadi di Amerika Serikat.

Seperti dikutip oleh Financial Times, “Saya ingin menggunakan model Amerika, di mana olahraga dijalankan seperti bisnis media, dengan pendapatan berasal dari iklan dan konten, dicampur dengan industri barang konsumsi, penjualan kaus dan produk berlisensi.”

Erick Thohir seperti diketahui juga berinvestasi di DC United, salah satu tim Major League Soccer, pada tahun 2012.

Kedua, menyasar pasar Asia yang kelas menengahnya terus tumbuh, dan menjadi lokasi keberadaan 60 persen fans Inter, dengan 18 juta penggemar di Indonesia saja.

Perekrutan bek yang sudah agak uzur, Nemanja Vidic, disebut-sebut karena alasan bahwa namanya dilihat ‘sebagai merek yang baik untuk pasar Asia’, kata footballeconomy.com.

Thohir adalah investor asing kedua yang masuk ke tim top Italia setelah pembelian oleh investor Amerika terhadap klub AS Roma pada tahun 2011.

Serie A sudah sejak lama ketinggalan dan tertutup bayang-bayang Liga Premier Inggris dan Bundesliga Jerman. Namun, seperti halnya ekonomi Italia secara keseluruhan, mengangkat citra Inter Milan adalah sebuah tantangan besar. Ini juga masalah budaya serta struktur, keuangan dan organisasi. Terlebih dengan bau-bau skandal suap dan pengaturan skor yang membayangi Serie A.

Liga Italia  - Massimo Moratti Mundur Dari Inter Milan

Strategi yang ketiga adalah membuat stadion yang lebih bersahabat bagi keluarga. Stadion yang tua terlalu menakutkan untuk keluarga dan citra klub. Kaum ultra yang ekstrim memberikan atmosfer menakutkan untuk keluarga kelas menengah beserta anak-anak mereka. Thohir berusaha menjadikan sepakbola Italia menjadi mirip Inggris, atau mirip baseball dan basket di Amerika, di mana satu keluarga bisa datang ke stadion beserta anak-anak kecil tanpa takut kena lemparan batu atau botol air minum yang diisi kencing.

Keempat, rekrut orang yang tepat. Dalam rangka memulai proses perubahan Michael Bolingbroke, mantan chief operating officer dari Manchester United, telah dibawa masuk sebagai kepala eksekutif, sementara direktur pemasaran didatangkan dari Apple iTunes dan chief financial officer dari DC United.