Nama eks pelatih Chelsea, Jose Mourinho, dan pelatih Liverpool, Rafa Benitez, difavoritkan sebagai pelatih Inter Milan menggantikan Roberto Mancini yang mundur akhir musim ini.

Mancini secara mengejutkan mengumumkan pengunduran dirinya sebagai pelatih Inter pada saat jumpa pers usai Inter ditekuk Liverpool 0-1 dalam pertandingan perdelapanfinal leg kedua Liga Champions di San Siro Rabu (12/3) dinihari.

Mancini, yang sebenarnya masih terikat kontrak hingga 2012, membantah kalau pengundurannya itu dilakukan karena kegagalan Inter di Liga Champions. Ia juga membantah kalau dirinya sudah tak cocok lagi dengan Presiden Inter, Massimo Moratti.

Kini yang menjadi pertanyaan publik Italia adalah siapa pelatih Inter berikutnya. Nama yang paling santer disebut-sebut bakal mengisi kursi panas itu adalah Jose Mourinho.

Pria asal Portugal yang dijuluki “The Special One” dalam setiap kesempatan selalu mengatakan hanya mau melatih klub-klub besar. Dan bukan kebetulan kalau dia memang salah satu sosok pelatih yang diidamkan Massimo Moratti.

Belum lama ini, dalam sebuah wawancara dengan harian olahraga Italia, La Gazzetta dello Sport, Mourinho sempat mengungkapkan pujiannya untuk Moratti.

“Saya sangat kagum pada Moratti sebagai seorang yang sungguh-sungguh mencintai sepakbola dan juga klubnya,” ungkap Mourinho.

Selain Mourinho, nama lain yang juga disebut-sebut pantas memimpin Inter adalah Rafa Benitez. Konon Moratti mengagumi prestasi Benitez di ajang Liga Champions bersama Liverpool. Benitez sendiri kabarnya ingin hengkang dari Anfield karena merasa tak cocok lagi dengan pemilik klub.
***