Spanyol-Italia, benarkah tim matador tidak terkalahkan?

  • Benarkah tim Matador tidak akan terkalahkan? Kata siapa? Salah satu fakta yang memprihatinkan untuk tim Matador adalah mereka lolos kualifikasi Euro 2012 di Grup I dengan kebobolan 6 gol. Lho, kebobolan kan hal biasa? Betul. Tapi lihatlah siapa saja peserta di Grup I kualifikasi Eropa. Mereka adalah Skotlandia, Ceko, Lithuania, dan Liechtenstein. Kecuali Republik Ceko […]

Liga Europa Liga Italia Liga Spanyol  - Spanyol-Italia, benarkah tim matador tidak terkalahkan?

Benarkah tim Matador tidak akan terkalahkan? Kata siapa? Salah satu fakta yang memprihatinkan untuk tim Matador adalah mereka lolos kualifikasi Euro 2012 di Grup I dengan kebobolan 6 gol.

Lho, kebobolan kan hal biasa? Betul. Tapi lihatlah siapa saja peserta di Grup I kualifikasi Eropa. Mereka adalah Skotlandia, Ceko, Lithuania, dan Liechtenstein. Kecuali Republik Ceko yang juga salah satu peserta putaran final maka sisanya sebenarnya tim lemah. Tidak selayaknya Spanyol kebobolan sampai 6 gol.

Keenam gol itu berasal dari Skotlandia 3 gol, Lithuania 2 gol, dan Republik Ceko 1 gol. Itu berarti ada yang salah dengan sistem pertahanan mereka. Dan peluang itu yang kini mungkin akan dieksploitasi oleh tim Azzuri.

Di luar itu, top scorer David Villa tidak diikutsertakan ke Euro 2012 karena cedera retak tulang kering. Villa sudah mencetak 52 gol dari 82 penampilannya bersama Spanyol. Selain Villa, Carlos Puyol juga tidak bisa ikut serta.

Striker Fernando Torres musim ini berjuang memperlihatkan performa terbaiknya bersama Chelsea. Tapi bahkan Roberto di Matteo saja baru menurunkannya di menit-menit akhir laga vs Bayern Munich di final Champions. Dan ia bukan termasuk salah satu eksekutor tendangan penalti. Artinya, Torres tidak berada di puncak penampilannya.

Memang Spanyol bukan hanya Villa dan Torres. Tapi kehilangan keduanya akan berarti banyak untuk tim Matador.

Di sisi lain, jangan sekali-kali meremehkan tim Azzuri. Italia lolos kualifikasi dengan memenangkan 8 dari 10 laganya. Ditambah lagi, mereka hanya kebobolan 2 gol saja sepanjang kualifikasi. Giuseppe Rossi memang tidak ada, tapi ada sejumlah pemain lain yang bisa menggantikannya. Juga ada Mario Balotelli yang berusia muda, berstamina kuat, meski bisa aneh-aneh di lapangan nanti.

Intinya, jangan beranggapan bahwa Italia pasti kalah. Spanyol memang punya keunggulan taktik cara mereka bermain yang dikenal sebagai tiki-taka, operan pendek cepat antara 2-3 pemain. Namun Italia juga dikenal solid, kompak, dan menjalankan taktik tim secara bersama.