Spanyol vs Italia: Del Bosque turunkan tiga strikerMenghadapi Italia di partai final Piala Eropa 2012, Senin (2/7) dinihari, pelatih Spanyol Vicente Del Bosque berjanji akan bermain ofensif sejak awal laga. Untuk memenuhi ambisinya itu, Spanyol akan menurunkan tiga penyerang sekaligus. Bosque tak akan menggunakan ‘nomor 9 palsu’ seperti pada laga sebelumnya.

Perubahan strategi ini menyebabkan Cesc Fabregas yang biasa berperan sebagai ‘nomor 9 palsu’ harus duduk di bangku cadangan. Sementara Alvaro Negredo dan Fernando Torres bisa kembali menjadi striker tengah. Dia berharap, Italia juga bermain menyerang seperti pada partai sebelumnya. Dia tak ingin Italia bermain bertahan karena jalannya pertandingan menjadi kurang menarik.

“Kami akan menurunkan tiga penyerang. Semua pemain mendukung striker,” ujar Del Bosque dalam jumpa pers. Tiga penyerang itu akan meringsek ke pertahanan Italia untuk mencetak gol secepatnya. Kami memiliki banyak opsi untuk menyerang ketimbang bertahan.

Menurut Bosque hasil di pertandingan penyisihan grup tidak bisa menjadi patokan. Italia mengalami kemajuan pesat setelah laga perdana itu. Mereka berani bermain menyerang dan meninggalkan taktik Catenaccio. Gaya bemain kedua tim nyaris sama sehingga pertandingan bakal berlangung menarik.

Del Bosque juga tak mau melihat statistik masa lalu yang menyebut Spanyol sebagai juara dunia 2010 dan Euro 2008 sehingga menjadi favorit dalamĀ  laga tersebut. Yang akan menentukan adalah kondisi saat ini, bukan masa lalu.