Spanyol vs Italia: Prandelli katakan tiki taka tak membosankan

  • Menjelang laga final Euro 2012 antara Spanyol vs Italia, Senin (2/7) dinihari, pelatih Italia Cesare Prandelli mengatakan strategi tiki taka yang dikembangkan Spanyol tidak membosankan. Buktinya, tim lawan Spanyol selalu bertahan dan banyak yang mengalami kekalahan. “Spanyol membosankan? Faktanya tim lawan selalu bertahan dan akhirnya Spanyol menang,” kata Prandelli. Secara keseluruhan, gaya bermain Tim Matador […]

Liga Europa Liga Italia Liga Spanyol  - Spanyol vs Italia: Prandelli katakan tiki taka tak membosankanMenjelang laga final Euro 2012 antara Spanyol vs Italia, Senin (2/7) dinihari, pelatih Italia Cesare Prandelli mengatakan strategi tiki taka yang dikembangkan Spanyol tidak membosankan. Buktinya, tim lawan Spanyol selalu bertahan dan banyak yang mengalami kekalahan.

“Spanyol membosankan? Faktanya tim lawan selalu bertahan dan akhirnya Spanyol menang,” kata Prandelli. Secara keseluruhan, gaya bermain Tim Matador tidak membosankan. Mereka menggunakan strategi tika taka yaitu menguasai bola melalui operan dari kaki ke kaki. Gaya ini yang menyebabkan Spanyol selalu menguasai ball possession.

Untuk menghadapi strategi tiki taka, Cesare Prandelli mengintruksikan kepada pemainnya untuk segera merebut bola. “Fokus kami adalah menutup ruang gerak mereka agar tak bisa menguasai permainan terutama di lapangan tengah,” jelas Prandelli.

Dia akan menyesuaikan strategi yang dikembangkan lawan. Walau pelatih Del Bosque dalam jumpa pers menegaskan akan menurunkan tiga penyerang sekaligus, namun bukan berarti mereka tak bisa mengubah taktik dengan menggunakan kembali ‘nomor 9 palsu’.

Jika strategi ini digunakan, bukan berati serangan Spanyol tak berbahaya. Pemain tengah Spanyol sangat jago menciptakan peluang. Justru dengan ‘nomor 9 palsu’ serangan Spanyol lebih bervariasi karena bisa datang dari mana saja. “Kami akan menyesuiakan taktik lawan, baik menggunakan ‘nomor 9 palsu’ atau tidak, tegas Prandelli.