Berita Bola - Spanyol vs Italia: Xavi atau Pirlo lebih baik? -  Pertandingan final Euro 2012 antara Spanyol versus Italia, Senin (2/7/2012) dinihari WIB nanti, bakal menjadi “pertarungan” dua gelandang terbaik di dunia, Xavi Hernandez dan Andrea Pirlo. Kedua pemain ini adalah maestro¬† lapangan tengah dan menjadi poros permainan bagi “La Furia Roja” atau “Gli Azzurri”. Tanpa kehadiran kedua pemain ini, aliran bola ke barisan depan timnya masing-masing bisa tersendat.

Pirlo adalah kunci sukses Italia di Euro 2012 ini. Tendangan bebas indah ke gawang Kroasia di penyisihan Grup B, dan dua assist adalah bukti kehebatan pemain berusia 32 tahun tersebut. Ia juga adalah pemain yang paling banyak menyabet penghargaan Carlsberg Man of The Match yakni sebanyak tiga kali.

Ia juga menorehkan rekor baru yakni berhasil melakukan 117 umpan akurat dalam satu pertandingan, saat Italia melawan Inggris di perempat final. Dan yang paling fenomenal adalah, tendangan penalti ala Antonin Panenka, yang membuat psikologi penggawa “The Three Lions” runtuh di babak adu penalti.

Bagaimana dengan Xavi? Selama Euro 2012 ini, penampilannya memang tidak semenonjol ketika ia membawa Spanyol menjuarai Euro 2008 di Austria dan Swiss. Ketika itu, pemain berusia 32 tahun ini dinobatkan menjadi pemain terbaik sepanjang turnamen tersebut.

Walau kurang menonjol di turnamen kali ini, namun Xavi menjadi pemain terbanyak yang berhasil melakukan umpan akurat dengan total 455 umpan hingga babak semifinal lalu. Torehan itu jauh berbeda dengan Pirlo, yang hanya mengemas total 350 umpan akurat.

Sementara bila dilihat dari statistik selama bergulirnya musim 2011-12, Xavi terlihat unggul dari Pirlo. Menurut whoscored.com, rerata umpan sukses Xavi mencapai angka 92,4 persen. Sementara Pirlo hanya 86,9 persen. Tetapi, di mata legenda Spanyol, Luis Suarez, kemampuan Pirlo jauh lebih komplet ketimbang Xavi.

“Benar, bila umpan Xavi jarang yang gagal. Tetapi, dia hanya melakukan umpan-umpan pendek. Terjauh, Xavi hanya mengumpan 20 meter. Jadi, risikonya lebih kecil,” jelas Suarez seperti yang dilansir Football Italia.

“Andrea mengemas lebih banyak umpan sulit. Jadi, kadang lebih banyak kemungkinan melakukan kesalahan. Saya pikir kemampuan Andrea lebih komplet daripada Xavi. Andrea juga lebih bagus dalam urusan tendangan bebas dan lebih banyak melakukan tekel. Xavi lebih lembut dan memanfaatkan posisinya untuk bertahan,” sambungnya.

Nah siapa yang lebih baik menurut Anda, Xavi atau Pirlo?