Spanyol vs Italia: Xavi atau Pirlo lebih baik?

21

Duel Spanyol dan Italia, Sabtu (10/6) pukul 23.00 WIB malam ini, akan diwarnai pertarungan dua gelandang terbaik Eropa saat ini, Xavi Hernandez dari kubu Spanyol dan Andrea Pirlo dari pihak Italia. Kedua pemain ini sama-sama menjadi pengatur serangan di tim masing-masing. Siapa yang lebih baik? Sulit untuk menentukan siapa yang lebih baik di antara keduanya. […]

Liga Europa Liga Italia Liga Spanyol  - Spanyol vs Italia: Xavi atau Pirlo lebih baik?Duel Spanyol dan Italia, Sabtu (10/6) pukul 23.00 WIB malam ini, akan diwarnai pertarungan dua gelandang terbaik Eropa saat ini, Xavi Hernandez dari kubu Spanyol dan Andrea Pirlo dari pihak Italia. Kedua pemain ini sama-sama menjadi pengatur serangan di tim masing-masing. Siapa yang lebih baik?

Sulit untuk menentukan siapa yang lebih baik di antara keduanya. Pasalnya gaya mereka sangat dipengaruhi oleh cara bermain ke dua tim. Spanyol lebih bergaya tiki-taka, bermain bola-bola pendek dari kaki ke kaki. Sedangkan Italia condong bermain cepat dalam melakukan serangan dengan bola-bola panjang. Sehingga Xavi piawai dalam memberikan umpan-umpan pendek, sedangkan Pirlo terkenal akurat dalam melepaskan umpan-umpan panjang.

Legenda sepakbola Spanyol, Luisito Suarez, punya penilaian sendiri. Dia menyebut Pirlo lebih komplit dibandingkan dengan Xavi.

“Keduanya adalah dua pemain dengan kemampuan mengambil posisi yang baik dan tahu bagaimana mengambil momen yang tepat untuk mulai bergerak,” kata¬† Suarez.

“Mereka berdua punya pengalaman dan teknik. Keduanya juga pemain yang mirip, tapi dari sudut pandang saya, Pirlo bisa mengatur jarak, bisa membagi permainan dan mengatur umpan-umpan jauh. Sedangkan Xavi jarang melakukan kesalahan dalam mengumpan karena lebih memainkan bola dari kaki ke kaki dengan jarak pendek,” sambungnya seperti dikutip dari Goal.com.

“Tapi pada akhirnya, saya menilai Pirlo adalah pemain yang lebih komplet dari Xavi. Andrea menendang bola jauh lebih baik, dan hal itu menjelaskan mengapa dia bisa mencetak gol lewat tendangan bebas lebih baik dan mencetak gol lebih banyak. Pirlo juga juga pandai dalam melakukan tekel, sementara Xavi lebih ringan dan menggunakan posisinya untuk bertahan,” katanya lagi.

Ternyata bukan hanya Suarez yang mengagumi Pirlo. Pelatih Vicente Del Bosque juga mengaku kalau Pirlo adalah pemain yang paling ia khawatirkan di kubu Italia.

“Italia membahayakan kami apalagi mereka memiliki Pirlo. Pirlo adalah pemain hebat dan dia bisa merusak segala mimpi kami,” kata Del Bosque.

Bagaimana pendapat Anda? Xavi atau Pirlo yang lebih baik?

 

foto: detik sport.com