Xavi: Spanyol dan Italia akan lolosGelandang Spanyol, Xavi Hernandez, yakin Spanyol dan Italia yang mewakili Grup C melaju ke babak perempat final Piala Eropa 2012. Alasannya, Spanyol dan Italia, lebih berkualitas dan meyakinkan penampilannya dibanding dengan Kroasia dan Irlandia.

Spanyol yang kini memimpin puncak klasemen dengan nilai 4 sama dengan Kroasia, hanya butuh hasil seri melawan Kroasia dalam laga terakhir Grup C, Selasa (19/6) dinihari WIB besok. Xavi mengatakan, Spanyol tidak terbiasa bermain safe agar mendapatkan hasil imbang. Sebaliknya mereka akan tampil habis-habisan untuk merebut kemenangan.

Akan halnya Italia, yang mengantongi nilai 2, butuh kemenangan dalam laga terakhir melawan Irlandia, Selasa (19/6) dinihari WIB. Selain kemenangan, nasib Italia juga tergantung pada hasil laga Spanyol versus Kroasia. Jika kedua tim itu bermain imbang 2-2, maka Italia tersingkir sekalipun mereka menang telak atas Irlandia. Pasalnya, Italia kalah secara head to head dengan Kroasia dan Spanyol.

Kondisi terakhir inilah yang menurut Xavi tidak akan terjadi. Karena dia yakin Spanyol akan menang lawan Kroasia, dan Italia juga menang atas Irlandia. Dengan demikian, Spanyol dan Italia yang akan lolos.

“Kami tidak terbiasa bermain 2-2. Secara mental kami tidak biasa mencari hasil seri, sebaliknya selalu mengejar kemenangan,” kata¬† Xavi di Football Italia.

“Saya yakin Italia akan mencapai perempatfinal Euro 2012 bersama Spanyol. Di mata saya, Italia adalah tim yang paling mengesankan sejauh ini, setelah Spanyol tentunya. Saya melihat Italia yang sekarang sama kualitasnya dengan Italia di Piala Dunia 2006,” tambah bintang Barcelona ini.

Anda sependapat dengan Xavi?

Advertisement