Andre Schurrle Pindah, Chelsea Bayar ‘Duit Solidaritas’ Ke Mainz

Kesepakatan kepindahan Andre Schurrle ke Wolfsburg baru tercapai di menit-menit akhir jendela transfer Januari. Penyebabnya ternyata ‘duit solidaritas’ yang harus […]

Andre Schurrle Pindah, Chelsea Bayar 'Duit Solidaritas' Ke Mainz

Kesepakatan kepindahan Andre Schurrle ke Wolfsburg baru tercapai di menit-menit akhir jendela transfer Januari. Penyebabnya ternyata ‘duit solidaritas’ yang harus dibayarkan oleh salah satu atau kedua belah pihak ke klub yang mendidik pemain itu saat junior dulu.

Andre Schurrle disepakati pindah ke Wolfsburg dan Mohamed Salah ke Fioretina guna memberi tempat dan ruang kosong secara finansial, sesuai ketentuan Financial Fair Play, bagi kedatangan Juan Cudrado.

Perundingan Chelsea dan Wolfsburg macet selama berhari-hari karena klub Jerman itu menolak menjadi pihak yang bertanggung jawab atas pembayaran 5% solidarity fee bagi klub masa junior Schurrle, yakni Mainz.

Kesepakatan baru tercapai di menit-menit akhir. Tidak ada pernyataan resmi soal ini, tapi diduga kuat Chelsea adalah pihak yang membayar ‘duit solidaritas’ itu karena dia lebih kepepet butuh mengosongkan Schurrle demi masuknya Cuadrado.

Bagi Jerman, transfer Andre Schurrle itu terhitung besar untuk hitungan jendela musim dingin Bundesliga dan karena Schurrle pulang ke Jerman sebagai salah satu pemain pemenang Piala Dunia, maka ia disambut dengan penuh minat.

Pada hari-hari bahkan sebelum Chelsea dan Wolfsburg mulai berbicara tentang ongkos transfer, ayah Schurrle, Joachim, dan agen Ingo Haspel mengadakan pertemuan rahasia dengan bos Wolfsburg Klaus Allofs pada hotel bintang 5 Ritz Carlton di kota Wolfsburg di bagian utara Jerman.

Persyaratan pribadi dengan cepat disetujui dan keinginan Schurrle adalah pembayaran sebesar tiga juta Euro selama periode kontrak Jerman.

Kesepakatan antara Schurrle dan Wolfsburg terjadi pada hari Rabu (29 Januari) dan sekarang hanya tinggal berurusan dengan Chelsea.

Pada hari Sabtu pertemuan selanjutnya diadakan di Ritz Carlton dan masalah antara kedua klub bukan hanya uang. Tak ada satu pihak pun yang ingin terlihat menyerah pada yang lain dan pertempuran pada akhirnya sampai ke persoalan siapa yang akan membayar Mainz ‘fee solidaritas’ karena Schurrle datang melalui akademi junior mereka.

Hal itulah yang dipercaya menyeret perundingan berlangsung sampai mendekati batas waktu Jerman, dan itu diasumsikan bahwa Chelsea melakukan pembayaran pada akhirnya.

Andre Schurrle Pindah, Chelsea Bayar 'Duit Solidaritas' Ke Mainz

Sepakbola.cc