Hakan Calhanoglu Kena Hukuman Berat dari FIFA

Sepakbola – Hakan Calhanoglu secara tragis akhirnya terkena hukuman berat dari FIFA. Meski berat, namun harus bisa ia terima.

Liga Jerman  - Hakan Calhanoglu Kena Hukuman Berat dari FIFA

Gilabola.com – Hakan Calhanoglu secara tragis akhirnya terkena hukuman berat dari FIFA. Meski berat, namun harus bisa ia terima.

Hakan Calhanoglu, gelandang Bayer Leverkusen, dipastikan tidak akan bisa bermain selama empat bulan ke depan karena dikenai sanksi FIFA.

Pemain berusia 22 tahun asal Turki itu dianggap telah melanggar kontrak oleh FIFA dan diwajibkan untuk membayar denda sebesar Rp 1,4 miliar kepada Trabzonspor.

Sanksi tersebut dijatuhkan oleh FIFA karena Calhanoglu dianggap berbohong dengan setelah setuju bergabung dengan Trabzonspor pada 2011 silam.

Akan tetapi ia kemudian malah memperpanjang kontraknya bersama Karlsruhe sehingga Trabzonspor berang dan mengadu ke FIFA.

Awalnya Trabzonspor meminta pengembalian uang sebesar Rp 1,4 miliar yang sudah diterima Calhanoglu dan kompensasi sebesar Rp 14 miliar, namun ditolak oleh FIFA.

Per hari Kamis (02/02) kemarin, Pengadilan Arbitrasi Olahraga menguatkan hukuman FIFA tersebut dan mewajibkan Calhanoglu untuk menjalani hukuman yang sudah diputuskan pada 2013 silam.

Sontak sanksi ini sangat memberatkan Bayer Leverkusen karena kejadian tersebut terjadi ketika gelandang serang itu tidak membela tim yang bermarkas di BayArena ini.

“Ini pukulan telak bagi Hakan, namun juga bagi kami,” ujar Rudi Voller pada pernyataannya perihal sanksi ini, seperti dikutip dari ESPN.

“Meskipun Bayer Leverkusen tidak terlibat dengan insiden yang terjadi di 2011, kami saat ini malah dihukum keras. Sekarang kami harus kehilangan pemain yang sangat penting di bagian yang paling menentukan sepanjang musim.”

“Kami tentu saja menyesalkan keputusan ini, yang kami tidak ikuti,” tambah Voller.

Dengan berlakunya sanksi ini, maka dia tidak bisa bermain di Liga Champions melawan Atletico Madrid di babak 16 besar, babak kualifikasi Piala Dunia 2018 bersama Turki kontra Finlandia, serta seluruh laga Bayer di paruh kedua musim ini.

Bukan kali itu saja Hakan Calhanoglu bertingkah, sebab pada 2014 ia memilih meninggalkan Hamburg SV dan bergabung dengan Bayer yang notabene klub rival.

Kala itu pemain tim nasional Turki ini beralasan sudah tidak tahan dengan sikap agresif para suporter Hamburg yang membuatnya stress, dimana termasuk merusak kendaraan yang ia pakai.