Berapa Lama Rakyat Polandia Menunggu Kekalahan Jerman? 81 Tahun!

18

Kemenangan 2-0 Polandia atas Jerman pada hari Sabtu mengakhiri penantian 81 tahun untuk mengungguli tetangga mereka itu dan bisa menandai awal dari sebuah periode baru kesuksesan untuk tim nasional, kata pelatih Adam Nawalka. Polandia belum pernah mengalahkan Jerman di 18 pertandingan sejak pertemuan pertama mereka pada tahun 1933, tapi mencetak dua gol guna merebut kemenangan tak terduga atas […]

Liga Jerman Piala Eropa  - Berapa Lama Rakyat Polandia Menunggu Kekalahan Jerman? 81 Tahun!

Kemenangan 2-0 Polandia atas Jerman pada hari Sabtu mengakhiri penantian 81 tahun untuk mengungguli tetangga mereka itu dan bisa menandai awal dari sebuah periode baru kesuksesan untuk tim nasional, kata pelatih Adam Nawalka.

Polandia belum pernah mengalahkan Jerman di 18 pertandingan sejak pertemuan pertama mereka pada tahun 1933, tapi mencetak dua gol guna merebut kemenangan tak terduga atas sang juara Piala Dunia, dan kemenangan ini akan memperkuat motivasi mereka untuk mencapai Euro 2016.

“Dalam laga seperti inilah sebuah skuad merebut identitasnya,” kata Nawalka. “Saya berharap ini akan menjadi awal dari sebuah jalan baru untuk tim nasional.”

“Kami membuat satu langkah kecil, tapi jangan terlalu euforia. Kami akan menghadapi Skotlandia pada hari Selasa dan ini adalah fokus kami sekarang.”

Polandia menjadi tuan rumah bersama Euro 2012 dengan Ukraina, tetapi tidak lolos ke Piala Dunia di Brasil tahun ini, kini mengisi posisi teratas Grup D bersama dengan Republik Irlandia, yang akan menghadapi Jerman minggu depan.

Kemenangan pertama mereka atas tetangganya yang jauh lebih terkenal itu menyebabkan banyak penggemar Polandia di stadion tak bisa berkata-kata, dengan mantan pemain Polandia dan ketua asosiasi bola nasional Zbigniew Boniek berbicara kepada wartawan dengan air mata berlinang.

“Ketika saya melihat para fans datang ke stadion saya berpikir bahwa akan lebih baik jika mereka tidak merasa sedih ketika pulang ke rumah,” kata Boniek, anggota tim nasional Polandia yang dikenang karena menduduki posisi ketiga di Piala Dunia 1982.

“Statistik memihak Jerman, mereka tampak lebih matang dalam permainan, tapi sepakbola adalah permainan di mana faktor-faktor seperti kolektivitas dan komitmen berperan serta. Kami ingin pergi ke Prancis dan kami tidak berhenti di sini.”

Bek Polandia Lukasz Piszczek mengatakan ada unsur keberuntungan untuk kemenangan mereka setelah Jerman menyia-nyiakan beberapa peluang.

“Ini adalah kemenangan pertama. Kami merasa gembira,” kata Piszczek, yang umpan silangnya di menit ke-51 menjadikan Arkadiusz Milik mencetak gol pertama Polandia sebelum Sebastian Mila menambahkan lagi di akhir permainan.

“Rakyat kami telah lama sekali menunggu untuk ini. Kami bertahan mati-matian, dan dengan sabar menunggu peluang kami untuk melakukan serangan balik.”

“Kami memiliki sedikit keberuntungan juga, tapi kami menulis sejarah hari ini. Kami memiliki permainan lain pada hari Selasa [di kandang Skotlandia] tapi hari ini kami akan berpesta.”

Jerman, yang menghadapi Irlandia di Gelsenkirchen pada hari Selasa, sebenarnya mendominasi laga sejak awal tetapi Karim Bellarabi atau Thomas Mueller tidak bisa mencetak gol di babak pertama.

“Saya tidak bisa mengatakan banyak tentang tim, hanya mungkin bahwa kami sedikit ceroboh dengan peluang kami,” kata pelatih Joachim Loew, yang sekali lagi memulai laga tanpa striker alami.

“Tapi juga di babak kedua kami bermain baik, menciptakan peluang dan Polandia mencetak gol kesempatan pertama mereka.”