Lukas Podolski : Terima Kasih Para Pendukung Saya Selama Ini!

  • Penyerang internasional Jerman Lukas Podolski telah mengkonfirmasi keputusannya untuk pensiun dari ajang sepak bola internasional. Lukas Podolski, yang bermain di level klub dengan Galatasaray, pada Januari 2015 bahwa Euro 2016 akan menjadi turnamen besar terakhirnya dengan tim nasional. Pemain berusia 31 tahun itu termasuk dalam tim Joachim Low dan hanya sekali tampil dala  kemenangan 3-0 […]

Penyerang internasional Jerman Lukas Podolski telah mengkonfirmasi keputusannya untuk pensiun dari ajang sepak bola internasional.

Lukas Podolski, yang bermain di level klub dengan Galatasaray, pada Januari 2015 bahwa Euro 2016 akan menjadi turnamen besar terakhirnya dengan tim nasional.

Pemain berusia 31 tahun itu termasuk dalam tim Joachim Low dan hanya sekali tampil dala  kemenangan 3-0 atas Slovakia di babak penyisihan grup.

Jerman tersingkir dari kompetisi dengan kekalahan 2-0 dari tuan rumah Prancis di semi-final, dan Podolski telah mengungkapkan bahwa ia memberitahu pelatih tentang keputusan untuk menjauh dari panggung internasional.

“Sebelum musim dan pertandingan dimulai lagi segera, saya ingin menyampaikan sesuatu kepada Anda [para fans]: Saya mengatakan kepada pelatih tim nasional bahwa saya tidak akan bermain untuk tim nasional lagi,” tulis Podolski di posting media sosial.

“Saya akan mendedikasikan diri saya lebih ke hal-hal lain. Sebagian besar, tentu saja, keluarga saya. Saya yakin mereka tidak akan mengeluh jika saya memiliki lebih banyak waktu untuk mereka di masa depan.”

“Tim nasional selalu menjadi masalah hati, dan mereka akan selalu ada. Tapi setelah Euro saya merasa bahwa fokus saya telah bergeser. Semuanya memiliki waktu, dan waktu saya dengan DFB [tim nasional] sudah terasa lebih.”

“Bagi saya ini adalah perpisahan yang sangat emosional. Saya bangga dengan apa yang saya alami dengan DFB. Tidak ada yang bisa menggantikan apa itu yang diberikan kepada saya, keastuan tim, sukacita, dan semangat,” lanjutnya.

“Dari seorang anak dua tahun asal Polandia, yang datang ke Jerman dengan hanya bola di bawah lengannya, untuk juara dunia, itu lebih dari apa yang saya bisa sebut tengah bermimpi.”

“Terima kasih kepada DFB. Terima kasih kepada tim di belakang tim! Terima kasih kepada rekan-rekan. Dan terima kasih kepada pelatih. Terima kasih Rudi Voller. Terima kasih [mantan pelatih Jerman] Jurgen Klinsmann. Dan terutama: terima kasih Joachim Low!”

“Terima kasih terbesar saya kepada fans yang selalu berdiri untuk saya, bahkan di saat yang buruk. Hubungan antara Anda dan saya sangat penting bagi saya.”

Podolski membuat debut dengan tim internasional Jerman di bawah asuhan Rudi Voller dalam kekalahan 2-0 melawan Hungaria pada tahun 2004.

Sejauh ini, mantan bomber Bayern Munich, Arsenal, Inter Milan, dan FC Cologne ini telah mencatatkan 129 penampilan untuk negaranya dan mencetak 48 gol sepanjang karirnya berseragam Der Panser.