Jerome Boateng Incar Posisi Kapten Timnas Jerman

23

Jerome Boateng sadar keinginannya ini akan menjadi topik rasis besar jika ia menjadi pemain kulit hitam pertama sebagai kapten di timnas Jerman. Jerman saat ini tengah tanpa kapten menyusul pensiunnya Bastian Schweinsteiger di level internasional pada akhir Euro 2016 dan bek Bayern Munich Jerome Boateng adalah salah satu kandidat untuk menggantikan perannya. Gelandang Man United, […]

Jerome Boateng sadar keinginannya ini akan menjadi topik rasis besar jika ia menjadi pemain kulit hitam pertama sebagai kapten di timnas Jerman.

Jerman saat ini tengah tanpa kapten menyusul pensiunnya Bastian Schweinsteiger di level internasional pada akhir Euro 2016 dan bek Bayern Munich Jerome Boateng adalah salah satu kandidat untuk menggantikan perannya.

Gelandang Man United, Schweinsteiger sendiri baru dua tahun mengenakan ban kapten pasca menjadi juara dunia 2014 di Brasil setelah sebelumnya kapten Philipp Lahm memutuskan gantung sepatu di level internasional.

Bek tengah yang terpilih sebagai pemain Jerman terbaik tahun ini di awal bulan ini itu meraih prestasi yang memicu potensi lebih lanjut bahwa bek kelahiran Berlin itu harus menjadi pengganti mantan rekan setimnya, Bastian Schweinsteiger.

Sejak memperoleh penghargaan itu, Boateng, yang ayahnya berasal dari Ghana, tidak merahasiakan keinginannya untuk mengambil alih posisi kapten Jerman dari Schweinsteiger, yang pada gilirannya akan membuat dia menjadi orang kulit hitam pertama yang kapten negara Jerman.

“Ini pasti akan menjadi sesuatu yang istimewa, sesuatu yang baru bagi tim,” katanya, sebagaimana yang dilansir oleh B5. “Bagi saya itu penting karena saya tahu bagaimana rasanya dibesarkan di sini.”

“Saya juga tahu bagaimana rasanya saat saya di sekolah, dan karena saya tidak selalu punya pengalaman indah dengan warna kulit atau hal-hal lain, itulah mengapa saya berkomitmen (untuk menjadi kapten timnas Jerman).”