Bas Dost, Pemain Kedua Paling Produktif di Eropa Setelah Lionel Messi

28

Berita Liga Jerman terbaru: Striker Wolfsburg Bas Dost telah menjadi pemain paling mencuri perhatian di tahun 2015 dan tidak bisa berhenti mencetak gol. Hampir tidak produktif di paruh pertama musim ini, dengan hanya satu gol, pemain asal Belanda itu kini menjadi striker terpanas di Eropa setelah tampil sensasional. Gol ganda Dost di Wolfsburg pada laga kemenangan yang mendebarkan […]

Liga Jerman  - Bas Dost, Pemain Kedua Paling Produktif di Eropa Setelah Lionel Messi

Berita Liga Jerman terbaru: Striker Wolfsburg Bas Dost telah menjadi pemain paling mencuri perhatian di tahun 2015 dan tidak bisa berhenti mencetak gol.

Hampir tidak produktif di paruh pertama musim ini, dengan hanya satu gol, pemain asal Belanda itu kini menjadi striker terpanas di Eropa setelah tampil sensasional.

Gol ganda Dost di Wolfsburg pada laga kemenangan yang mendebarkan 5-3 atas Werder Bremen pada hari Minggu membuat catatan total golnya di 2015 menjadi 13 gol dalam delapan pertandingan.

Total golnya kini adalah yang kedua terbanyak setelah bintang asal Argentina Lionel Messi, yang memiliki 15 gol dalam 14 pertandingan sejak awal Januari.

Tapi bisa dibilang performa Dost saat ini adalah lebih mengesankan, mengingat bahwa kompetisi Bundesliga baru kembali berputar pada tanggal 30 Januari setelah istirahat panjang musim dingin.

Setelah mencetak gol melawan Koln dalam pertandingan terakhir Wolfsburg sebelum jeda musim dingin, Dost mengambil tempat yang ia tinggalkan dengan dua gol melawan pimpinan klasemen Bayern Munich pada tanggal 30 Januari.

Dia kemudian menyumbang satu gol dalam kemenangan kandang atas Hoffenheim pada tanggal 7 Februari, sebelum mencetak empat gol kemenangan yang luar biasa pada laga yang berakhir dengan skor 5-4 di Bayer Leverkusen seminggu kemudian.

Terus mengamuk, Dost mencetak dua gol di setiap pertandingan Wolfsburg dengan Sporting Lisbon, Hertha Berlin dan Werder Bremen dalam dua minggu terakhir.

Bentuk produktif pemain 25 tahun itu telah cukup untuk memastikan tempat Wolfsburg di Liga Champions musim depan, meskipun mereka kini terpaut delapan poin di belakang pemuncak klasemen Bayern. Di sisi lain mereka memiliki perbedaan 10 poin dari tim urutan ketiga, Borussia Monchengladbach.

Mereka juga sudah lolos ke babak 16 besar Liga Europa, akan menghadapi raksasa Italia Inter Milan.

Liga Jerman  - Bas Dost, Pemain Kedua Paling Produktif di Eropa Setelah Lionel Messi

Ini adalah musim ketiga Dost di Bundesliga dan menjadi semakin baik. Ia mencetak 12 gol pada 33 pertandingan di musim pertamanya di Wolfsburg, kemudian lima gol pada 15 laga tahun lalu.

Pemain setinggi 170 cm ini menikmati kerjasama yang efektif dengan mantan pemain Chelsea Kevin de Bruyne, yang telah memberikan kontribusi enam assist sejak Bundesliga kembali pada bulan Januari.

Lahir di kota Belanda, Deventer, klub profesional pertama Dost adalah Emmen dan Heracles Almelo, di mana ia mengukir 15 gol selama musim 2009-10 dan memunculkan rumor pindah ke Ajax.

Pada akhirnya, pemain berusia 20 tahun saat itu pindah ke tempat lain di Eredivisie, ke Heerenveen, dan menyadari potensi dengan dua musim yang produktif.

Pada 2011-12, ia mencetak 38 gol yang luar biasa dalam 39 pertandingan di liga Belanda dan kompetisi untuk trofi domestik, berakhir sebagai pencetak gol terbanyak di negara itu.

Tak pelak lagi, ada tawaran dari Liga Premier, dengan Dost menolak permohonan pindah senilai Rp 140 Milyar untuk pindah ke Aston Villa pada saat itu.

Sebaliknya ia pindah ke Bundesliga, ke Wolfsburg, dan membuat dampak langsung dengan gol kemenangan pada injury time saat tandang ke Stuttgart pada debutnya. Selain itu, gol kemenangannya saat tandang ke juara bertahan Borussia Dortmund musim lalu juga mengesankan.

Tapi itu adalah musim ini yang telah melihat Dost meningkatkan permainannya ke tingkat yang baru. Setelah memulai kampanye sebagai striker pilihan ketiga Wolfsburg, dia selalu hadir di skuad utama.