Borussia Dortmund Bukan Tandingan Bayern Munich

16

Eks geladang Jerman Michael Ballack meramalkan Bayern Munich dan Borussia Dortmund akan bertarung habis-habisan di musim kompetisi baru Bundesliga. Michael Ballack menganggap Borussia Dortmund akan bisa mengejar Bayern Munich meski menurutnya tidak akan bisa menyamai sang rival. Padahal di jendela transfer kali ini Dortmund mendatangkan banyak pemain, meski mereka pun harus kehilangan pemain-pemain pentingnya. Nama […]

Eks geladang Jerman Michael Ballack meramalkan Bayern Munich dan Borussia Dortmund akan bertarung habis-habisan di musim kompetisi baru Bundesliga.

Michael Ballack menganggap Borussia Dortmund akan bisa mengejar Bayern Munich meski menurutnya tidak akan bisa menyamai sang rival.

Padahal di jendela transfer kali ini Dortmund mendatangkan banyak pemain, meski mereka pun harus kehilangan pemain-pemain pentingnya.

Nama Mats Hummels kembali ke Munich, sedangkang Ilkay Gundogan dan Henrikh Mkhitaryan berpetualang ke Liga Inggris.

Sedangkan untuk amunisi baru ada Mario Gotze, Marc Bartra, Andre Schurrle dan Ousmane Dembele sebagai pengganti di skuat Thomas Tuchel.

“saya rasa Dortmund bisa menggantikan (pemain hijrah) meski kepergian Hummels merupakan kerugian besar,” ujar Ballack.

“Gundogan juga pemain yang luar biasa tapi dia sering cedera, sementara Mkhitaryan hanya mengalami musim yang bagus, yaitu musim lalu.”

“Dortmund sudah mempunyai pemain-pemain yang bisa menambal kehilangan tersebut. Dembele, khususnya, sepertinya akan menjadi pemain yang cepat berkembang di Dortmund, seperti Kingsley Coman di Bayern.”

“Tentu saja semua ini hanya ramalan tapi Dortmund mempunyai kemampuan untuk mempertahankan permainan atraktif dan menyerang mereka.”

“Sepak bola berarti kehilangan pemain (transfer) tapi juga mengawasi siap saja yang bisa melihat anda semakin kuat. Dortmund melakukan pekerjaan yang bagus.”

Namun demikian, Ballack meyakini jika Dortmund belum bisa mengalahkan Munich, seperti yang terlihat di Piala Super Jerman lalu.

“Anda menyaksikan di pertandingan Piala Super Jerman ketika Dortmund memperlihatkan kemampuan untuk membuat Bayern kesulitan, namun masih terdapat kekuranan kepribadian sebab mereka kehilangan pemain-pemain penting seperti Hummels yang sudah menjadi seorang panutan, seperti Ribery, Muller atau Vidal.”

“Itu yang Dortmund tidak miliki jika dibandingkan dengan Bayern. Semua pemain Dortmund baik-baik, tapi di Bayern ada banyak pemain yang bisa menunjukan kekuatan di pertandingan atau tackle.”
“Itu pula yang menjadi perbedaan di Piala Super Jerman kemarin,” tambah Michael Ballack.