Urutan Ketujuh, Dortmund Tetap Lolos Ke Liga Europa

34

Berita Bola: Meski hanya menduduki urutan ketujuh di klasemen Bundesliga akhir musim 2014/2015, Borussia Dortmund ternyata tetap lolos ke Liga Europa. Bagaimana ceritanya? Begini …

Liga Jerman  - Urutan Ketujuh, Dortmund Tetap Lolos Ke Liga Europa
Berita Liga Jerman: Urutan Ketujuh, Dortmund Tetap Lolos Ke Liga Europa

Berita Bola: Meski hanya menduduki urutan ketujuh di klasemen Bundesliga akhir musim 2014/2015, Borussia Dortmund ternyata tetap lolos ke Liga Europa. Bagaimana ceritanya? Begini …

Jatah Liga Champions di Bundesliga berlaku untuk urutan No 1 sampai No 4. Lalu jatah Liga Europa, kompetisi kasta kedua di benua itu, jatuh kepada mereka yang menduduki ranking No 5 dan No 6.

Jadi, Bayern Munchen, Wolfsburg, Borussia Moenchengladbach dan Bayer Leverkusen lolos ke Liga Champions musim depan. Sementara Augsburg –yang menang dramatis 3-1 atas Gladbach pada Sabtu malam WIB– dan Schalke 04 lolos ke Liga Europa.

Dortmund? Sabar …

TABELLE BUNDESLIGA

Latest football information here. Now getting data from information source.

Menurut aturan UEFA, pemenang dari piala di tiap kejuaraan domestik sejumlah negara Eropa — tidak semua, tapi beberapa negara terbaik di Eropa– akan lolos ke Liga Europa. Itu artinya pemenang dari DFB Pokal, atau yang suka kita sederhanakan menjadi Piala Jerman (setara dengan Copa del Rey di Spanyol, Coppa Italia), bisa lolos langsung ke Liga Europa.

Nah, peserta final DFB Pokal tahun ini, yang baru akan dilangsungkan pada 31 Mei 2015, adalah … bisa tebak? Ya, Dortmund vs Wolfsburg.

Jadi meski pun final DFB Pokal atau Piala Jerman itu sendiri belum berlangsung, sudah bisa dipastikan bahwa keduanya akan lolos ke kompetisi Eropa karena Wolfsburg sudah finish di urutan No 2 klasemen Bundesliga yang berarti dia qualified untuk lolos otomatis ke Liga Champions musim depan.

Karena itu jatah Liga Europa yang melekat pada piala DFB Pokal akan diberikan kepada Dortmund, tak peduli apa hasil final Piala Jerman nanti.

Bedanya hanyalah, kalau Dortmund menang di final Piala Jerman itu ia langsung lolos ke babak penyisihan grup Liga Europa. Kalau Dortmund kalah di final, ia musti menjalani babak play-off untuk merebut satu jatah penyisihan grup.

Apa pun itu, ini merupakan satu kisah sukses tersendiri bagi Dortmund dan Jurgen Klopp, yang akan pergi musim panas ini entah ke mana.

Suatu hari di bulan Desember 2014 lalu mereka pernah menduduki posisi terbawah klasemen Bundesliga. Kini, mereka berhasil lolos ke Liga Europa melalui satu tempat di final DFB Pokal. Hebat! Hadiah perpisahan yang menyenangkan untuk Jurgen Klopp.