Bayern Munchen Terlalu Dominan, Bundesliga Ganti Aturan?

Kabar tersebut muncul lantaran Bayern Munchen terlalu dominan di Bundesliga. Dalam empat musim terakhir, mereka juara Liga Jerman tanpa mendapatkan perlawanan berarti dari 17 klub lain. Oleh karena itu, muncul ide agar penentuan gelar juara menggunakan sistem play-off. Dengan demikian, setidaknya yang jadi Juara tiap tahunnya lebih tidak bisa ditebak. Pelatih Borussia Dortmund, Thomas Tuchel […]

Kabar tersebut muncul lantaran Bayern Munchen terlalu dominan di Bundesliga. Dalam empat musim terakhir, mereka juara Liga Jerman tanpa mendapatkan perlawanan berarti dari 17 klub lain. Oleh karena itu, muncul ide agar penentuan gelar juara menggunakan sistem play-off.

Dengan demikian, setidaknya yang jadi Juara tiap tahunnya lebih tidak bisa ditebak. Pelatih Borussia Dortmund, Thomas Tuchel sepakat dengan ide ini.

Bundesliga belakangan tahun terkahir ini semakin terasa sebagai liga dengan satu klub saja. Pasalnya sehebat apa pun kualitas Borussia Dortmund, Bayer Leverkusen, Schalke 04, hingga Borussia Moenchengladbach, mereka sama sekali bukan lawan sebanding dengan Bayern Munchen. Mantan presiden DFL dan CEO Bayer Leverkusen, Wolfgang Holzhauser kemudian menyebut, play-off untuk penentuan juara, saat ini lebih relevan dibandingkan tahun yang sudah-sudah, karena didominasi oleh Bayern ini.

Konsepnya adalah, empat tim teratas Bundesliga akan dipertemukan kembali dalam babak sistem gugur. Mirip dengan play-off untuk tiket ketiga promosi di Segunda Division Liga Spanyol. Dengan demikian, meski Bayern tim besar, siapa tahu saja mereka mendapat hari sial, dan kandas di babak semifinal play off.

“(Play off?) Mengapa tidak? Hal tersebut akan memberikan kesempatan bagi peringkat kedua, tiga, dan empat berpeluang untuk menjadi juara. Saya tidak berpikir play off adalah hal buruk. Saya sangat terbuka untuk perubahan regulasi.” ujar Thomas Tuchel.

Musim ini saja, dalam tiga pertandingan pertama, Bayern Munchen sukses meraih tiga kemenangan beruntun. Bahkan mereka sudah mencetak 11 gol dan hanya kemasukan sekali. Hanya Hertha Berlin yang bisa bersaing dengan mereka, yang juga mencetak tiga kemenangan.

Sementara Borussia Dortmund yang diplot sebagai saingan terdekat, malah sudah kalah sekali. Begitu pula dengan Bayer Leverkusen. Kejutan malah datang dari RB Leipzig, tim promosi yang sampai saat ini sudah memiliki tujuh poin, selisih dua angka dari Bayern Munchen.

Liga Jerman Bundesliga

Sepakbola.cc