Effenberg: Mungkin Ancelotti Dipecat Musim Depan

  • Stefan Effenberg menilai jika Carlo Ancelotti masih ingin berada di Bayern Munchen musim depan, ia harus meningkatkan performa tim.

Carlo Ancelotti

Stefan Effenberg menilai jika Carlo Ancelotti masih ingin berada di Bayern Munchen musim depan, ia harus meningkatkan performa tim.

Carlo Ancelotti berpotensi memainkan musim terakhir bersama Bayern Munchen, setidaknya itu penilaian dari mantan pemain mereka, Stefan Effenberg.

Meski berhasil meraih gelar juara Bundesliga musim lalu, namun performa Munchen dinilai masih belum maksimal terutama saat kalah dari Real Madrid di perempat final Liga Champions musim lalu.

Pramusim Munchen sendiri tahun ini jauh dari kata memuaskan di mana mereka mendapatkan lima kekalahan di pramusim yaitu dari Arsenal, AC Milan, Inter Milan, Liverpool dan Napoli.

“Jika musim ini sama seperti musim lalu atau bahkan lebih buruk lagi, maka itu mungkin,” ujar Effenberg ketika ditanya mengenai kemungkinan Ancelotti dipecat musim depan. “Para pemain sudah berganti di Bayern dan terkadang juga pelatih demikian.”

Effenberg juga menyoroti penampilan para pemain Munchen. Ia melanjutkan : “Saya tak melihat para pemain bermain untuk satu sama lain di pramusim tahun ini. Bagi saya, hasrat adalah hal yang paling penting dalam sepakbola. Jika beberapa pemain tak memperlihatkan kemauan seperti itu, maka saya harus khawatir.”

“Namun kita semua juga tahu bahwa saat Bayern dipukul dan tengah terluka, mereka selalu bisa melawan balik.”

Kedatangan para pemain baru seperti Corentin Tolisso dan James Rodriguez di musim panas kali ini memancing perdebatan apakah ada pemain yang nantinya tersingkir dari tim utama.

“Begitu banyak hal yang bisa terjadi dalam satu musim, cedera, hukuman,” tambah Effenberg. “Namun jika Ancelotti memiliki skuad penuh, ada beberapa keputusan yang mungkin bisa menyakiti satu pemain atau pemain lainnya.”

“Mungkin terkadang itu bisa jadi Frank Ribery atau Thomas Muller, karena Ancelotti telah membawa pemainnya sendiri dan mereka pasti akan diberi kesempatan pertama. Bagi pelatih hebat, Ottmar Hitzfeld sebagai contoh sempurna, ada harus menjaga keseimbangan dan menjaga pemain di bangku cadangan tetap bahagia. Jika itu terjadi, maka Bayern akan terus maju. Jika tidak, maka ini bisa menjadi musim yang buruk.”

Ketika ditanya apakah Thomas Muller harus meninggalkan Munchen, Effenberg mengatakan : “Tidak, saya tidak melihat ada alasan untuk hal itu. Dia adalah wajah utama Bayern Munchen, setelah kepergia [Bastian] Scwheinsteiger dan [Philipp] Lahm. Bayern akan membuat kesalahan besar jika membiarkannya pergi. Dia telah bermain selama bertahun-tahun pada level yang luar biasa.”