Euro 2012: Jerman tim yang paling berpeluang

  • Bagaimana tidak disebut Grup Neraka? Tiga dari empat peserta di Grup B pernah jadi juara Euro. Satu sisanya, Portugal, pernah menjadi finalis. Tapi dari semua itu, Jerman yang paling punya peluang lolos dengan posisi juara grup dan mungkin sampai ke babak final. Inilah alasannya. Pertama, Jerman memiliki momentum. Mereka memiliki mental juara, kekerasan hati, dan […]

Liga Europa Liga Jerman  - Euro 2012: Jerman tim yang paling berpeluang

Bagaimana tidak disebut Grup Neraka? Tiga dari empat peserta di Grup B pernah jadi juara Euro. Satu sisanya, Portugal, pernah menjadi finalis. Tapi dari semua itu, Jerman yang paling punya peluang lolos dengan posisi juara grup dan mungkin sampai ke babak final.

Inilah alasannya. Pertama, Jerman memiliki momentum. Mereka memiliki mental juara, kekerasan hati, dan kekuatan baja. Lihat saja. Mereka juara 3 saat Piala Dunia 2006 di Jerman. Lalu juara 2 di Euro 2008. Dan akhirnya jadi juara 3 lagi di Piala Dunia 2010.

Selain itu ada sejumlah besar pemain berbakat di timnas Jerman. Mereka memiliki Miroslav Klose, yang hanya berjarak lima gol lebih sedikit dibandingkan rekor gol timnas Jerman yang dipegang Gerd Mueller dengan 68 gol. Klose masih lebih baik dibandingkan striker lainnya, Mario Gomez.

Pemain lainnya, Bastian Schweinsteiger, mungkin gagal dalam penalti final Champions melawan Chelsea, tapi ia membuktikan dirinya adalah pengendali lapangan tengah seperti di Bayern Munich. Sementara Mesut Oezil, Thomas Muller dan Lukas Podolski bisa menjadi tiga gelandang serang di belakang striker utama mereka, entah Klose atau Gomez.

Kalau ada titik lemah, maka itu adalah Per Mertesacker yang sudah tidak bermain sejak Februari. Dan sudah sejak lama ia dikritik karena kalah cepat berlari dibandingkan penyerang lawan. Namun biasanya ia mengimbangi kelambanan geraknya dengan penempatan posisi secara cerdas.

Kapten Philipp Lahm biasanya juga kurang bergigi. Dan kali ini ia akan ditaruh di posisi kiri, bukan kanan seperti biasanya di klub tempatnya merumput, Bayern Munich.