Berita Liga Jerman: Fans Schalke Samakan UEFA dengan Mafia

483

Para suporter Schalke 04 melakukan peringatan 20 tahun kemenangan di Piala UEFA 1997 dengan koreografi besar-besaran yang menelan biaya sangat tinggi.

Liga Jerman  - Berita Liga Jerman: Fans Schalke Samakan UEFA dengan Mafia

Berita Liga Jerman – Ribuan suporter Schalke 04 menyamakan UEFA dengan kelompok mafia pada laga kandang terakhir lawan Hamburg SV, Sabtu (13/05) WIB kemarin.

Para suporter Schalke 04 melakukan peringatan 20 tahun kemenangan di Piala UEFA 1997 dengan koreografi besar-besaran yang menelan biaya sangat tinggi.

Pada laga tersebut kedua kesebelasan berakhir imbang 1-1, setelah Guio Burgstaller membawa tim tuan rumah unggul lebih dulu di babak pertama, sebelum kemudian Pierre-Michel Lasogga menyamakan kedudukan di penghujung laga.

Seusai laga, fans ultras Schalke melakukan koreografi besar-besaran ketika memperingati 20 tahun kesuksesan mengalahkan Inter Milan di final Piala UEFA 1997, dengan membentangkan spanduk besar serta replika piala dan disisipi koreografi di tribun penonton.

Kabarnya replika trofi Piala FA itu sendiri berharga Rp583 juta dan belum termasuk harga spanduk maha besar bertuliskan “EUROFIGHTER” serta tujuh bendera besar dan 60.000 buah bendera yang jika ditotal menghabiskan dana Rp1,7 miliar, yang sepenuhnya berasal dari swadaya kantong para suporter.

“Pada prinsipnya kami menolak dukungan finansial dari Schalke 04 atau sponsor dari perusahaan-perusahaan. Kami mencari donasi dari individu-individu tertentu atau fans yang datang ke stadion,” tulis klub ultras di laman resmi mereka.

“Jumlah donasi yang diterima sepenuhnya akan dipakai untuk membiayai koreografi di masa depan. Jumlah donasi itu tidak penting [untuk dibicarakan], namun gesturnya yang penting. Siapa yang ingin mendukung secara finansial koreografi di masa depan, bisa menyumbangkannya.”

Uniknya pada replika trofi 3 dimensi berukuran besar itu tidak bertuliskan UEFA sebagaimana piala aslinya, namun diganti dengan kata mafia.

Hingga saat ini belum ada pernyataan resmi, baik dari pihak Schalke, para ultras maupun kubu organisasi sepak bola tertinggi di Benua Biru itu terkait pencantuman kata mafia.

Kini tim besutan Markus Weinzierl itu berada di posisi ke-10 klasemen sementara Liga Jerman dan akan melakoni laga pamungkas kontra Ingolstadt, Sabtu (20/05) malam WIB nanti.