Hasil Borussia Dortmund vs Bayern Munchen, Supercup Jerman 6/8/2017

  • Berikut adalah laporan hasil pertandingan Borussia Dortmund vs Bayern Munchen untuk Supercup Jerman pada Minggu dinihari WIB.

Borussia Dortmund vs Bayern Munchen - Supercup Jerman
Borussia Dortmund vs Bayern Munchen - Supercup Jerman

Supercup Jerman adalah laga yang mempertemukan pemenang DFB Pokal yang diambil Dortmund serta juara Liga Jerman yang direbut Bayern Munchen.

Laga pengawal musim ini begitu hidup dan tak butuh waktu lama sebelum Dortmund unggul lebih dulu ketika Christian Pulisic merampok kepemilikan bola dari Javi Martinez. Bola dengan dingin meluncur melewati kiper Sven Ulreich untuk gol pembuka.

Namun, Bayern membalaskannya beberapa saat kemudian saat Robert Lewandowski menusuk satu umpan silang Joshua Kimmich dengan sangat bagus. Pasukan Bavaria kemudian menjadi tim yang lebih baik, menguji kiper Dortmund Roman Bürki dalam beberapa kesempatan, meski tak bisa menemukan jaring lagi sebelum jeda turun minum.

Pelatih Dortmund Peter Bosz memasukkan Sebastian Rode pada babak pertama dan membantu tuan rumah mengembalikan keseimbangan di lini tengah. Ada beberapa peluang kecil untuk kedua tim sebelum Pierre-Emerick Aubameyang memperbaiki keunggulan Dortmund, menyelesaikan serangan balasan cepat dengan congkelan indah yang melayang di atas Ulreich. Itu sudah menit 71.

Pada titik ini tim tuan rumah seolah-olah akan bertahan untuk menang, namun Bayern entah bagaimana berhasil menyamakan kedudukan pada menit 88. Bola dibawa melewati garis gawang oleh pemain Dortmund Lukasz Piszczek, menyusul satu tendangan bebas. Jadi ini sebuah gol bunuh diri. Namun Bayern tak akan peduli karena gol itu cukup untuk melakukan adu penalti yang menentukan.

Pada adu nasib itu semua penendang dari kedua kubu berhasil kecuali Marc Bartra gagal menceploskann tendangan penalti yang menentukan untuk memungkinkan Bayern merayakan juara keenam Supercup mereka.

Bintang pertandingan

Dia mungkin tidak ikut serta dalam baku tembak, tapi Joshua Kimmich benar-benar luar biasa terutama mengingat dia baru kembali berlatih beberapa hari yang lalu. Dia adalah penyerang terbaik Bayern di sayap kanan dan meraih satu assist dari beberapa umpan silang tajam. Dia juga hebat dalam membela diri, menjaga Pulisic dan Ousmane Dembele dari umpan-umpan panjang untuk sebagian besar pertandingan.

Statistik pertandingan

  • Dortmund dan Bayern memperebutkan Supercup untuk keenam kalinya, dan kelima kalinya sejak 2012.
  • Terakhir kalinya BVB berhasil merebut Supercup dari lima yang mereka miliki adalah di tahun 2014.
  • Pemain Dortmund Pierre-Emerick Aubameyang berada di puncak top skor Bundesliga 2016/17 dengan mencetak 31 gol, satu gol lebih tinggi dari top skor tahun 2015/16 Robert Lewandowski.
  • Bayern kini telah memenangi enam rekor Supercup.

Susunan pemain:

Dortmund: Bürki – Piszczek, Bartra, Sokratis, Zagadou (Passlack 77′) – Sahin, Castro, Dahoud (Rode 46′) – Dembele, Pulisic (Philipp 90′), Aubameyang

Bayern: Ulreich – Rafinha, Hummels, Martinez (Süle 60′), Kimmich – Vidal, Rudy, Tolisso (Sanches 84′) – Müller (Coman 67′), Ribery – Lewandowski