Mantan pelatih timnas Jerman pada Piala Dunia 2006 lalu, Jurgen Klinsmann, ditunjuk sebagai pelatih baru klub Bayern Munich mulai musim depan menggantikan Ottmar Hitzfeld yang mundur dari jabatannya akhir musim ini.

Dalam pernyataan resminya kemarin, manajemen Bayern mengatakan Klinsmann akan bertugas mulai 1 Juli 2008. “Mantan pelatih Jerman Jurgen Klinsmann akan menggantikan Ottmar Hitzfeld sebagai pelatih kepala Bayern pada 1 Juli 2008,” demikian pernyataan yang dilansir situs klub.

Klinsmann mengatakan penunjukkan itu merupakan kehormatan baginya. “Senang sekali bisa menjadi bagian dari FC Bayern Munich. Ini sebuah situasi yang sangat spesial, dan sebuah kehormatan besar bagi saya bisa bekerja disini,” kata Klinsmann.

Seusai Piala Dunia lalu, Klinsmann memilih tinggal di California. Di sana dia sempat mendapatkan tawaran untuk menjadi pelatih tim nasional Amerika dan klub Los Angeles Galaxy. Malah sepekan terakhir dia diisukan akan menggantikan pelatih Liverpool Rafa Benitez.

Pria berusia 43 tahun ini sempat memperkuat Jerman sebanyak 108 kali, dan menjadi kapten Tim Panzer ketika menjadi juara Euro 1996. Ia juga pernah sukses bersama Bayern antara 1995 dan 1997, yakni merebut Piala UEFA dan juara Bundesliga.
***