Laga RB Leipzig vs Borussia Dortmund Terancam BOIKOT!

  • Puluhan ribu suporter Borussia Dortmund berencana memboikot laga antara klub kesayangannya yang akan tandang ke markas Red Bull Leipzig di lanjutan Bundesliga Jerman. Hari Sabtu (10/9) akhir pekan ini, fans Dortmund seharusnya berangkat ke timur Jerman guna menghadapi Leipzig yang musim ini berstatus sebagai tim promosi. Mereka tentunya sangat menanti pertandingan tersebut mengingat Mario Gotze, si […]

RB Leipzig vs Borussia

Puluhan ribu suporter Borussia Dortmund berencana memboikot laga antara klub kesayangannya yang akan tandang ke markas Red Bull Leipzig di lanjutan Bundesliga Jerman.

Hari Sabtu (10/9) akhir pekan ini, fans Dortmund seharusnya berangkat ke timur Jerman guna menghadapi Leipzig yang musim ini berstatus sebagai tim promosi. Mereka tentunya sangat menanti pertandingan tersebut mengingat Mario Gotze, si anak hilang, bakal kembali berseragam kuning khas klub semenjak 2013 silam. Seperti diketahui, Gotze sempat hijrah ke Bayern Munich sebelum akhirnya kembali ke Westfallen Stadium musim ini.

Kendati demikian, para suporter Dortmund telah memutuskan untuk memboikot laga tandang pertama mereka musim ini dengan moto “Because we love football”. Apa sebabnya, dan kenapa mereka enggan datang ke markas lawan?

Ini tidak lain dan tidak bukan adalah karena, dilihat dari sisi budaya sepakbola sebagai seorang suporter, mereka menganggap Leipzig sudah mencederai kultur serta nilai-nilai luhur sepakbola itu sendiri. Klub asal negara Austria tersebut dimiliki oleh perusahaan raksasa ternama bernama Red Bull, sesuai dengan nama timnya, Red Bull Leipzig, dan fans Dortmund menilai hal itu mencoreng citra persepakbolaan.

RB Leipzig sendiri baru didirikan tahun 2009, dan semenjak itu, sanggup untuk promosi dari divisi lima dalam sistem liga Jerman menuju langsung ke Bundesliga 1 Jerman, atau divisi teratas.

 

“Sedih rasanya tim marketing perusahaan minuman energi asal Austria membuat timnya berkompetisi di divisi tertinggi sepakbola Jerman. Red Bull Leipzig melawan semua hal yang berkaitan dengan sepakbola. Pendekatan yang mereka lakukan bertolak belakang dengan nilai-nilai olahraga serta emosional di dalamnya,” tulis sebuah statement yang dikeluarkan oleh Südtribüne, salah satu kelompok suporter BVB.

“Bagi kami, konsekuensinya sudah sangat jelas: Kami tidak akan membeli tiket pertandingan dan tidak akan ikut bertandang ke Leipzig.” lanjutnya.

Meski begitu, tetap ada kelompok suporter lain yang berangkat menemani tim kesayangannya, salah satunya adalah Profans Dortmund. “Kami tidak memboikot pertandingan itu,” tegas Nicolai Maeurer, juru bicara Profans Dortmund. “Memang ada beberapa yang tidak ikut, tidak masalah bagi kami,”

“Ini tentang hak dan kewajiban seorang suporter. Hak mereka untuk tidak datang. Mungkin ada nilai-nilai atau kode etis tak tertulis yang sulit untuk dibicarakan, yang jelas, jika tidak setuju dengan suatu hal, itu terserah kami sebagai suporter.” jelas Maeurer.