Pelatih Leipzig Sebut Naby Keita Alami Penurunan

Naby Keita diklaim mulai alami penurunan di RB Leipzig.
Naby Keita diklaim mulai alami penurunan di RB Leipzig.

Ralph Hasenhuttl yakin Naby Keita tidak bermain segemilang seperti musim lalu bersama klub Liga Jerman RB Leipzig tapi ia mengaku enggan memberikan sanksi.

Pesepak bola berusia 22 tahun itu dipastikan merapat ke Liverpool pada musim panas nanti setelah kedua klub mencapai kata sepakat pada Agustus silam.

Kala itu The Reds mengaktifkan klausul pelepasan Keita yang dipatok di angka Rp 903 miliar sehingga Leipzig hanya meminta pertimbangan Liverpool untuk tidak memboyongnya di musim ini karena klub asal Jerman itu akan melakoni debut di Liga Champions.

Pada Januari kemarin tersiar kabar bahwa Liverpool berharap Naby Keita bisa segera merapat ke Anfield di jeda transfer musim dingin, setelah kehilangan Philippe Coutinho yang hengkang ke FC Barcelona.

Akan tetapi pihak Leipzig menolak karena tidak sesuai kesepakatan, dan berada dalam kesulitan melewati Bayer Leverkusen yang bercokol di peringkat kedua klasemen sementara Liga Jerman.

Advertisement

Pengakuan pun keluar dari mulut Ralph Hasenhuttl yang merasa kecewa dengan permainan Naby Keita musim ini jika dibandingkan musim lalu.

Walau Hasenhuttl tidak memberikan dugaan atas penurunan performa ini, ia memberikan peringatan kepada Keita untuk tetap bersikap profesional.

Hal itu disebabkan tingginya ekspektasi yang diemban Die Bullen pasca menjadi runner-up Bundesliga musim sebelumnya dan bersaing di babak 32 besar Liga Europa, usai gagal lolos ke fase 16 besar Liga Champions.

“Naby tidak sekonsisten seperti musim lalu pada musim ini,” ujar Hasenhuttl pada Bild. “Penting baginya untuk mengembalikan ekspektasi yang ada kembali ke level normal.”

“Saya bukan orang yang memberikan motivasi dengan rasa takut. Saya tidak serta merta memecut atau menendang pemain terus menerus.”