Tiga Pemain Kunci Dicoret Dari Timnas Jerman

31

Tanggal 12 Oktober dan 15 Oktober mendatang (keduanya WIB) Jerman akan menghadapi masing-masing laga tandang ke Polandia serta menjamu Republik Irlandia di kandang. Untuk kedua laga penyisihan grup Euro 2016 tersebut juara dunia Jerman tidak akan diperkuat kapten baru Bastian Schweinsteiger serta gelandang kunci Sami Khedira dan Marco Reus. Schweinsteiger, yang ditunjuk sebagai kapten timnas menyusul […]

Liga Jerman Piala Eropa  - Tiga Pemain Kunci Dicoret Dari Timnas Jerman

Tanggal 12 Oktober dan 15 Oktober mendatang (keduanya WIB) Jerman akan menghadapi masing-masing laga tandang ke Polandia serta menjamu Republik Irlandia di kandang.

Untuk kedua laga penyisihan grup Euro 2016 tersebut juara dunia Jerman tidak akan diperkuat kapten baru Bastian Schweinsteiger serta gelandang kunci Sami Khedira dan Marco Reus.

Schweinsteiger, yang ditunjuk sebagai kapten timnas menyusul pensiunnya Philipp Lahm setelah Piala Dunia lalu, sedang berjuang dengan masalah tendon di lututnya. Gelandang Bayern Munich berusia 30 tahun itu belum pernah satu kali pun tampil membela klub atau negara musim ini.

Pemain Real Madrid Sami Khedira, partner lini tengah Schweinsteiger untuk banyak laga Piala Dunia, juga akan absen pada pertandingan Sabtu pekan depan di Warsawa karena cedera.

Reus mengalami cedera ligamen pergelangan kaki saat laga pembukaan Grup D, di mana Jerman menang atas Skotlandia di stadion Dortmund bulan lalu.

Pemain Borussia Dortmund itu belum akan pulih tepat waktu untuk pertandingan di Polandia atau pertandingan kandang melawan Irlandia di Gelsenkirchen pada tanggal 15 Oktober (WIB).

“Kita harus menyadari bahwa bahkan untuk juara dunia, tidak ada jaminan (lolos) kualifikasi untuk Kejuaraan Eropa,” kata manajer Jerman Joachim Loew kemarin.

“Dalam pertandingan melawan Polandia dan Irlandia kami memiliki kesempatan untuk menjauhkan diri dari beberapa rival kami sehingga dua pertandingan ini akan sangat penting bagi kita ke depan. Kami ingin mengambil kesempatan ini.”

Enam belas dari skuad 20 orang yang diumumkan kemarin sama seperti di Piala Dunia di Brazil tetapi Loew masih mengharapkan timnya untuk diuji oleh Irlandia.

“Irlandia memiliki pelatih baru dalam diri Martin O’Neill,” kata pelatih berusia 54 tahun itu. “Seperti kita, mereka memulai babak kualifikasi dengan kemenangan.”

“Kami tahu bahwa itu bisa sangat tidak menyenangkan untuk bermain melawan mereka. Banyak dari mereka bermain di Liga Premier. Mereka kuat dan tidak pernah menyerah.”

“Budaya sepakbola Irlandia mengisi saya dengan antusiasme – gairah mereka, pengabdian tanpa pamrih dan kecintaan pada sepakbola. Saya mengharapkan sebuah pertandingan yang sangat intens dan saya tak sabar untuk menantikan Gelsenkirchen.”

Di lini depan, pencetak gol terbanyak di Piala Dunia, Miroslav Klose, telah pensiun dan striker Fiorentina Mario Gomez juga cedera. Namun Jerman masih memiliki banyak pilihan, antara lain pemain Bayern Munich Thomas Müller, pemain Chelsea Andre Schurrle dan pencetak gol yang menentukan di final Piala Dunia Mario Götze. Pemain Arsenal Mesut Ozil akan kembali setelah absen di pertandingan Skotlandia.

Loew menambahkan alternatif tambahan kemarin dengan memanggil penyerang Borussia Monchengladbach Max Kruse dan pemain Bayer Leverkusen Karim Bellarabi untuk pertama kalinya. Pemain berusia 24 tahun itu tampil mengesankan di Bundesliga dan Liga Champions musim ini, mencetak tiga gol dan membuat lima lainnya dari 11 penampilan di semua kompetisi.

Dengan penyerang Bayern Munich Robert Lewandowski membela sisi Polandia, Loew akan lega bahwa bek tengah Borussia Dortmund Mats Hummels sudah sepenuhnya pulih dari cedera.

Bulan lalu Jerman tampak sangat rapuh di lini pertahanan ketika mereka kalah 4-2 di kandang Argentina dalam pertandingan ulangan final Piala Dunia. Bek kiri Erik Durm, khususnya, dikritik saat melawan pergerakan Angel Di Maria dalam laga persahabatan itu.

Jerman akan tetap melakukan perjalanan ke Polandia dengan penuh keyakinan karena mencatatkan diri tidak pernah kalah dari tetangga mereka itu dalam 18 pertandingan terakhir.

SQUAD JERMAN (menghadapi Polandia dan Republik Irlandia) – Kiper: Neuer (Bayern Munich), Weidenfeller (Borussia Dortmund), Zieler (Hannover 96); Bek: Boateng (Bayern Munich), Durm (Borussia Dortmund), Ginter (Borussia Dortmund), Hummels (Borussia rtmund), Mustafi (Valencia), Rüdiger (Stuttgart), Rudy (Hoffenheim); Gelandang/Pemain depan: Bellarabi (Bayer Leverkusen), Draxler (Schalke), Kramer (Borussia Mönchengladbach), Kroos (Real Madrid) Müller (Bayern Munich), Podolski (Arsenal), Schuerrle (Chelsea), Götze (Bayern Munich), Ozil (Arsenal), Kruse (Borussia Mönchengladbach).