Xabi Alonso Akhirnya Lolos Dari Kasus Penipuan Pajak

Berita Bola, Liga Jerman – Seorang hakim Spanyol membatalkan kasus penipuan pajak terhadap gelandang Bayern Munchen, Xabi Alonso.

Liga Jerman  - Xabi Alonso Akhirnya Lolos Dari Kasus Penipuan Pajak

Berita Bola, Liga Jerman – Seorang hakim Spanyol membatalkan kasus penipuan pajak terhadap gelandang Bayern Munchen, Xabi Alonso.

Alonso telah diselidiki oleh otoritas Spanyol sejak 2014 lalu karena tuduhan penggelapan pajak yang diduga melibatkan hak citra nya.

Menurut surat kabar El Confidencial, jaksa meminta hakim untuk menyelidiki pemain berusia 35 tahun tersebut, ia mengklaim memiliki bukti bahwa Alonso telah menipu kantor pajak sebesar €2 juta dari tahun 2010 hingga 2012.

Alonso menjadi salah satu dari sejumlah pemain yang diselidiki oleh otoritas pajak Spanyol atas perusahaan yang mereka gunakan untuk memegang dan mengelola hak citra mereka.

Dengan menerima pendapatan melalui perusahaan-perusahaan ini pemain dapat membayar pajak dengan tarif pajak perusahaan, yang jumlahnya jauh lebih rendah dari pajak penghasilan pribadi yang berlaku untuk gaji mereka.

Alonso menjual hak citra nya di tahun 2012 sebesar €5 juta untuk sebuah perusahaan investasi, Kardzali Comercio Servicos de Consultoria e Investimentos, yang bermarkas di Pulau Madeira, Portugal.

Alonso, yang bergabung dengan Real Madrid dari Liverpool pada tahun 2009 dan bermain untuk klub raksasa Spanyol itu hingga Juni 2014 sebelum akhirnya pindah ke Bayern Munich, membantah semua tuduhan tersebut.

Sebuah pernyataan dari hakim di pengadilan Madrid seperti yang dilaporkan El Confidencial menyatakan bahwa Alonso telah memenuhi kewajiban pajak dan berkata: “Tidak ada yang disembunyikan dari pajak Tuan Alonso, dengan kantor pajak sepenuhnya menyadari pemegang dan pendapatan berasal dari kepemilikan saham Kardzali.”

“Kami tidak dapat melihat adanya penipuan dari pajak Alonso, semuanya murni hanya digunakan untuk yang ia ketahui lebih menguntungkan bagi keuangan fiskal nya berkat keahlian dari penasihatnya.”

“Madeira bukanlah surga pajak fiskal meskipun mereka diakui memiliki sistem pajak yang menguntungkan.”

“Hal ini telah menjadi sesuatu yang umum dengan para olahragawan elit dan tidak ada yang salah dengan menjual hak citra mereka ke perusahaan untuk eksploitasi dengan tujuan memperoleh keuntungan pajak.”