Xabi Alonso Tak Minat Jadi Asisten Carlo Ancelotti

  • Xabi Alonso menola tawaran Carlo Ancelotti untuk menjadi asisten pelatih di Bayern Munhen. Posisi itu kini ditempati oleh Wlily Sagnol.

Xabi Alonso

Berita Liga Jerman – Mantan gelandang Bayern Munchen, Xabi Alonso, ternyata sempat diberi tawaran untuk menduduki jabatan sebagai asisten dari sang manajer, Carlo Ancelotti. Namun penawaran tersebut ditolak olehnya.

Seperti diketahui, Xabi Alonso telah mengakhiri karir sepakbola profesiolanya musim lalu setelah tiga musim memperkuat Der Bavarians.

Jabatan asisten Ancelotti di Bayern sendiri memang tengah kosong. Pasalnya, Paul Clement musim lalu telah memutuskan untuk hengkang dan menjajal peruntungannya sebagai Manajer Swansea City. Jabatan tersebut pada akhirnya diberikan kepada Wlily Sagnol.

Kontrak berdurasi dua musim diteken oleh Sagnol dengan Bayern yang pernah ia bela selama sembilan tahun. Ketika dirinya masih bermain bersama FC Hollywood, mantan bek kanan Timnas Prancis tersebut sukses mempersembahkan lima gelar juara Bundesliga 1 dan Liga Champions musim 2001.

Sejak dirinya pensiun sebagai pesepakbola profesional, Sagnol memang menjajal peruntungannya di dunia kepelatihan. Tetapi, ia sempat menuai kegagalan ketika dipecat oleh klub Ligue 1 Prancis, Girondins Bordeaux pada Maret 2016 lalu.

Selang setahun kemudian, sejak Bordeaux memecatnya, pria berusia 40 tahun tersebut diberi kesempatan oleh Bayern untuk menimba ilmu kepada pelatih sekelas Ancelotti.

“Saya menginginkan asisten yang telah mengenal klub, saya mencoba meyakinkan Philipp Lahm sebelum akhir musim, saya juga mencoba meyakinkan Xabi Alonso. Tapi, mereka menolaknya,” ungkap Ancelotti pada Soccerway.

“Sagnol sempurna, ia memiliki profil yang benar. ia telah sukses di Bordeaux, dan ia juga mengenal pemain seperti Kingsley Coman atau Franck Ribery, dan ia akan meningkatkan tim kepelatihan kami,” imbuh mantan manajer AC Milan tersebut.