Jika Qatar Dibatalkan, Perhitungan Suara Diulang, Kata Platini

Presiden UEFA Michel Platini mendukung adanya pemilihan ulang untuk penunjukan tuan rumah Piala Dunia 2022 jika terbukti adanya keterlibatan suap dan korupsi dalam […]

Jika Qatar Dibatalkan, Perhitungan Suara Diulang, Kata Platini

Presiden UEFA Michel Platini mendukung adanya pemilihan ulang untuk penunjukan tuan rumah Piala Dunia 2022 jika terbukti adanya keterlibatan suap dan korupsi dalam penunjukan Qatar sebagai tuan rumah.

“Adapun untuk Qatar 2022, saya tidak terpengaruh,” kata presiden UEFA dan wakil presiden FIFA itu, kepada televisi TF1.

“Sejauh yang saya ketahui, suara diberikan secara transparan dan kami selalu mengatakan bahwa jika ditemukan tindak korupsi sedikit saja maka akan dilakukan pemilihan ulang. Tetapi untuk saat ini, kita tidak tahu,” tambahnya.

Platini sebelum ini sudah menyatakan secara terbuka bahwa ia memilih Qatar dalam sidang penentuan dalam sebuah usaha untuk membantu mengembangkan sepakbola di belahan dunia, di mana Piala Dunia belum pernah dipentaskan.

Sejak penentuan Qatar itu Platini telah menyerukan untuk beralih ke musim dingin guna menghindari suhu panas yang menyesakkan.

Penunjukan Rusia 2018 dan Qatar 2022 dilakukan melalui proses pemungutan suara yang diwarnai tuduhan suap dan korupsi.

Bulan lalu FIFA sudah menerima laporan penyelidikan internal oleh komisi etika FIFA.

Penyidik utama kasus dugaan korupsi dalam penunjukan tuan rumah Piala Dunia 2018 dan 2022 telah menyerukan kepada FIFA untuk membuat hasil ini bisa diakses publik.

Mantan jaksa federal AS Michael Garcia, yang menelisik cara-cara Qatar memenangkan hak untuk menjadi tuan rumah turnamen 2022, membuat seruan itu bulan lalu menjelang pertemuan Komite Eksekutif FIFA selama dua hari yang diadakan di Zurich.

Sepakbola.cc