Juergen Klinsmann: Copa America Lebih Seru Dibanding Euro

Pelatih berkebangsaan Jerman Jurgen Klinsmann menilai Copa Amerika Centenario yang akan dihelat bulan depan, memiliki kualitas yang baik dibandingkan Euro 2016.

Pelatih berkebangsaan Jerman Juergen Klinsmann menilai Copa America Centenario yang akan dihelat bulan depan memiliki kualitas yang baik dibandingkan Euro 2016.

Bagi Juergen Klinsmann, jumlah peserta membuat Copa America lebih kompetitif daripada Euro yang terasa ‘gampangan’.

“Jika anda membandingkan Copa America yang berisikan 16 negara, dengan Euro yang diikuti 24 tim, maka saya yakin anda akan menemukan kualitas di Copa America dibandingkan Euro yang sudah terasa begitu mudah dimasuki,” ujar Klinsmann, Selasa (24/5) seperti dikutip dari ESPN.

Bagi Juergen Klinsmann, para peserta Copa America berasal dari konfederasi Conmebol dan Concacaf, yang menjadikan pesertanya bukanlah negara-negara sembarangan.

“Enam negara Concacaf sangatlah kuat, dan tentu saja semua negara-negara Amerika Selatan adalah tim yang kuat. Jika anda melihat kualifikasi Piala Dunia di Amerika Selatan dan memperhatikan siapa saja yang berjuang untuk posisi keempat, kelima dan keenam, itu sangat luar biasa.”

“Copa America tidak akan menjadi kompetisi yang mudah bagi Argentina dan Brasil. Jadi, kita akan menyaksikan Copa America yang sangat spesial, yang dengan mudah mengalahkan kualitas Euro,” tegasnya.

Copa America Centenario, yang akan dimulai tanggal 3 Juni dengan tuan rumah Amerika Serikat bertemu Kolombia, adalah turnamen khusus untuk memperingati ulang tahun satu abad dari kejuaraan khas Amerika Selatan itu.

Ini untuk pertama kalinya Copa America diselenggarakan di luar benua itu dan akan mencakup 10 anggota Conmebol ditambah enam dari Concacaf, wilayah yang mencakup Amerika Utara, Amerika Tengah dan Karibia.

Acara ini akan tumpang tindih dengan Euro, yang akan dimulai di Prancis seminggu setelah Copa dimulai. Euro 2016 akan menandai edisi pertama mereka yang mengikutsertakan 24 tim, bertambah dari 16 tim empat tahun lalu.

Klinsmann percaya bahwa menambah jumlah peserta dari turnamen Euro akan menambah kesan ‘gampangan’ dari turnamen yang sejak lama dianggap sebagai turnamen paling kompetitif dari semua sepak bola internasional, bahkan lebih baik daripada Piala Dunia.

Bersama timnas Jerman, Juergen Klinsmann pernah merengkuh titel juara Euro 1996 di Inggris, di mana ia menjadi kapten kala itu.

Di Copa America Centenario, Klinsmann akan mengarsiteki tim tuan rumah, Amerika Serikat.

 

Sepakbola.cc