Ini Alasan Tottenham Coret Alderweireld Hadapi Juventus

Tottenham Hotspus tak membawa Toby Alderweireld dalam laga melawan Juventus, Rabu (14/2).
Tottenham Hotspus tak membawa Toby Alderweireld dalam laga melawan Juventus, Rabu (14/2).

Gilabola.com – Sebuah keputusan mengejutkan dibuat manajer Tottenham Hotspur, Mauricio Pochettino. Dia mencoret bek tengah andalan Toby Alderweireld dari skuat untuk laga babak 16 besar Liga Champions melawan Juventus.

Tottenham dijadwalkan mengarungi laga leg pertama babak 16 besar melawan tuan rumah Juventus pada Rabu (14/2) dini hari nanti. Spurs minimal harus mengejar hasil imbang di laga ini jika ingin lolos ke perempat final.

Namun anehnya, di saat tim membutuhkan hasil positif, Pochettino justru mencoret  Alderweireld yang diketahui sebagai salah satu bek yang paling diandalkan Spurs. Padahal bek asal Belgia itu sudah dinyatakan fit.

Pemain 28 tahun tersebut sudah dimainkan ketika Spurs mengalahkan Newport County 2-0 di laga ulangan babak keempat Piala FA pada pekan lalu. Dia bermain 90 menit penuh. Itu adalah penampilan pertamanya sejak absen lama akibat cedera hamstring.

Tapi, dia tidak dimainkan pada laga melawan Arsenal, Sabtu (10/2) lalu dimana Spurs memenangi laga dengan skor 1-0. Banyak pihak menduga Alderweireld sengaja diistirahatkan agar dia bisa tampil prima dalam laga kontra Juventus nanti.

Advertisement

Namun, di luar perkiraan Pochettino tidak membawanya ke Turin. Apa alasannya? Sang manajer mengungkapkan, Alderweireld memang sengaja tidak dilibatkan dalam laga ini karena dia tak mau cedera pemainnya itu kambuh lagi gara-gara tenaganya terlalu diforsir.

“Sudah sejak awal kami memang sudah punya rencana untuk tidak memainkannya. Kami ingin menjaganya, itulah hal yang paling penting. Dia sudah 28 tahun dan itu adalah cedera serius yang harus kami perhatikan karena kami tak boleh mempertaruhkan kariernya.

“Kami menyusun rencana untuk memberinya program terbaik untuk pulih sesegera mungkin dan lebih kuat daripada sebelumnya. Dia harus membangun kebugarannya secara perlahan-lahan.”

“Ini tak sama dengan sesi latihan. Untuk bermain di laga seperti ini (melawan Juventus), Anda harus fit 200 persen. Itulah kenapa kami menjaganya dengan rencana kami, agar dia berada dalam level tinggi lagi, dan bisa bersaing untuk satu tempat di starting XI,” kata manajer asal Argentina itu.