Manchester City Pecahkan Rekor Liverpool di Liga Champions

Para pemain Manchester City saat melakukan selebrasi usai gol.
Para pemain Manchester City saat melakukan selebrasi usai gol.

Manchester City memecahkan rekor Liverpool di Liga Champions dengan kemenangan telak 4-0 atas Basel pada pertandingan leg pertama babak 16 besar Liga Champions.

Manchester City asuhan Pep Guardiola mengambil langkah besar menuju perempatfinal dengan kemenangan di St Jakob-Park dan menjadi favorit untuk memenangkan kompetisi kompetisi antar klub terbaik Eropa tahun ini.

Ilkay Gundogan mencuri berita utama dengan mencetak dua gol untuk The Citizens dan Bernardo Silva dan Sergio Aguero juga berhasil mencetak gol di Swiss masing-masing pada menit ke-18 dan ke 23.

Dan hasilnya adalah kemenangan tandang terbesar di babak knockout oleh tim asal Inggris dalam sejarah Liga Champions. Liverpool memegang rekor sebelumnya dengan kemenangan 3-0 atas PSV Eindhoven di babak perempat final pada musim 2006/07.

Bos The Sky Blues, Pep Guardiola memuji Gundogan yang tampil fantastis setelah pemain asal Jerman itu mencetak dua gol melawan Basel.

Advertisement

“Gundogan adalah pemain yang luar biasa,” kata Guardiola kepada BT Sport. “Musim lalu kami kehilangan dia selama enam bulan karena cedera,” lanjut mantan pelatih Barcelona tersebut.

“Itulah mengapa kami sangat puas dengan penampilannya malam ini – tidak hanya untuk gol berkualitas yang dia ciptakan, tapi juga karena kepribadiannya dalam bermain. Dia bermain fantastis.”

Legenda Chelsea Frank Lampard juga turut memberikan pujian atas performa impresif Gundogan pada laga tersebut. “Dia telah bermain sangat baik dan dia benar-benar tampil luar biasa setelah sembuh dari cederanya,” kata Lampard.

“Ini semua tentang kualitas sebuah finishing, Anda tidak bisa benar-benar menyalahkan kiper atas dua golnya itu,” pungkasnya.