ABG Ini Ogah Dihukum Lebih Berat Dari Luis Suarez

Seorang remaja di kota Manchester Inggris kedapatan mengoleskan cipratan ludahnya ke baju wasit. Apa yang membuatnya terkejut luar biasa adalah hukuman yang kemudian dijatuhkan asosiasi bola Manchester terhadapnya. Ia merasa hukuman itu sangat berat, jauh lebih berat daripada yang diterima Luis Suarez. Jake Schofield, nama ABG itu, dijatuhi hukuman selama TUJUH tahun untuk tindakannya meludah […]

Internasional Liga Inggris  - ABG Ini Ogah Dihukum Lebih Berat Dari Luis Suarez

Seorang remaja di kota Manchester Inggris kedapatan mengoleskan cipratan ludahnya ke baju wasit. Apa yang membuatnya terkejut luar biasa adalah hukuman yang kemudian dijatuhkan asosiasi bola Manchester terhadapnya. Ia merasa hukuman itu sangat berat, jauh lebih berat daripada yang diterima Luis Suarez.

Jake Schofield, nama ABG itu, dijatuhi hukuman selama TUJUH tahun untuk tindakannya meludah di telapak tangannya sendiri dan kemudian membalurkannya ke baju wasit di akhir sebuah laga pada tanggal 1 April 2014 lalu.

Dengan hukuman itu maka Jake tidak boleh main bola lagi sampai dengan bulan Agustus tahun 2021.

Terang saja ia mengajukan keberatan atas hukumannya tersebut. Dan dalam kasus ini ia menyebut-nyebut nama Luis Suarez. Menurut Jake, hukuman itu aneh dan tidak adil bila dibandingkan dengan larangan mengikuti aktivitas bola selama empat bulan yang diterima Suarez.

“Panjangnya durasi hukuman itu sangat tidak adil jika Anda membandingkannya dengan larangan yang Suarez dapatkan karena menggigit, atau yang diperoleh Raul Meireles (11 laga karena meludahi wasit),” katanya, kecewa.

Jake sedang bermain sebagai bek tengah untuk timnya, Moston Valley vs Failsworth West Juniors, ketika insiden itu terjadi pada tanggal 1 April. Ia bersikukuh wasit salah memahami apa yang sesungguhnya terjadi.

“Kami saling bertengkar selama pertandingan dan saat peluit akhir berbunyi, saya tidak ingin berjabat tangan dengannya, tapi manager saya menyuruh saya untuk itu (berjabat tangan),” katanya.

“Saat berjalan ke arahnya saya meludah ke lantai, yang saya akui memang merendahkannya dan dia bilang tidak akan berjabat tangan dengan saya karena saya baru meludah ke tangan.”

“Saya bilang saya juga tidak mau. Dan saat dia berbalik, saya menepuk bahunya.”

Jake diskors selama tiga pekan sebelum menerima pemberitahuan larangan beraktivitas sepakbola selama 2.562 hari, termasuk melatih dan menjadi manager bola.

Namun agaknya hukuman selama tujuh tahun itu akan ditinjau ulang, seperti janji pengurus asosiasi bola Manchester. Jika banding Jake berhasil maka ia hanya akan dijatuhi hukuman larangan bermain selama 10 laga.

Menurut aturan, serangan terhadap ofisial pertandingan bisa berbuah larangan bermain seumur hidup untuk laga-laga sepakbola remaja.