Amerika dan MLS, Tanah Baru Sepakbola Dengan Gaji Besar

43

  Warga Amerika Serikat tidak suka sepakbola sampai dengan Piala Dunia dilangsungkan di sana tahun 1994 di sembilan kota di seantero negeri. Popularitasnya mulai naik. Tahun ini dengan lolosnya Amerika ke 16 Besar Piala Dunia Brasil, mereka akhirnya jatuh cinta dengan sepakbola selama dan setelah Piala Dunia. Karena itu dibentuklah Major League Soccer, sebuah liga bola di Amerika […]

Amerika dan MLS, Tanah Baru Sepakbola Dengan Gaji Besar - berita Internasional Liga Inggris

 

Warga Amerika Serikat tidak suka sepakbola sampai dengan Piala Dunia dilangsungkan di sana tahun 1994 di sembilan kota di seantero negeri. Popularitasnya mulai naik. Tahun ini dengan lolosnya Amerika ke 16 Besar Piala Dunia Brasil, mereka akhirnya jatuh cinta dengan sepakbola selama dan setelah Piala Dunia.

Karena itu dibentuklah Major League Soccer, sebuah liga bola di Amerika dengan banyak klub baru di dalamnya.

Salah satu cara MLS mendapatkan lebih banyak penggemar dan popularitas adalah dengan membawa lebih banyak pemain terkenal.  Sejauh ini sudah ada David Villa, Frank Lampard, Kaka, mungkin juga orang-orang seperti Robinho, berminat membuat perjalanan di sini guna memanfaatkan skema Designated Player Contracts.

Apa itu Designated Player Contracts? Ini adalah cara MLS mendapat David Beckham beberapa tahun silam. Liga ini memiliki kesepakatan kuota gaji, tapi setiap klub dapat membeli, menandatangani, dan membayar tiga pemain khusus di luar kuota gaji tersebut. Tiga pemain khusus itulah yang dinamakan Designated Player atau DP.

Jadi siapa saja pemain yang bisa, atau harus, atau akan datang ke MLS? Berikut adalah daftar calon potensial yang bisa mengikuti jejak David Beckham dan Frank Lampard pindah ke Amerika:

Brad Friedel – Dia tidak cukup besar untuk menjadi legenda Amerika, tetapi dia pemain terkenal yang memiliki hubungan dengan timnas Amerika dan MLS. Dia tidak mendapatkan cukup tempat di Spurs. Besar kemungkinan mereka akan mengirimnya kembali ke Columbus, klub sebelumnya. Kiper dengan sebagai DP sangat berisiko karena terlalu mahal, tapi Brad cukup mumpuni dan tentu saja ia akan tertarik untuk pulang ke rumah.

Petr Cech – Banyak yang merasa Cech hanyalah masa lalu. Tapi dalam kenyataannya dia masih bisa menyumbang banyak hal untuk klub dan negara. Chelsea memiliki banyak penggemar di Amerika. Cech mungkin akan menyukai perubahan dan satu langkah menjauh dari kerasnya persaingan di klub raksasa Eropa.

Timmy Chandler – Pemain Amerika yang tidak menampilkan sebanyak yang dia mungkin harus lakukan untuk tim nasional. Dia banyak bermain di klub Frankfurt tapi pulang kembali ke rumah tidak hanya membuat peluang karir internasionalnya membaik, tetapi juga menyebabkan sedikit kegembiraan setelah Chandler menjadi bagian dari skuad Piala Dunia.

Philipp Lahm – Banyak legenda Jerman telah mengakhiri karir mereka di Amerika, atau telah bermain di liga yang lebih rendah. Dengan bakat, nama, dan label pemain Bayern Munich yang dimilikinya, Lahm bisa menjadi pahlawan instan di sini, sedikit seperti mantan pemain Cosmos, Franz Beckenbauer. Mungkin tidak akan dalam waktu dekat tapi dia kandidat yang sangat mungkin.

Steven Gerrard – Mungkin sulit buat Gerrard keluar dari klub Liverpool tercintanya. Dia manusia yang setia pada satu klub saja. Tapi dia bisa mengakhiri karir bermainnya dengan bermain untuk klub New England Revolution atau Chicago Fire selama beberapa tahun sembali kembali ke Anfield sebagai bagian dari manajemen.

Didier Drogba – Penyerang Pantai Gading ini baru saja menandatangani kontrak satu tahun di Chelsea, tapi ketika itu berakhir pindah ke Amerika bisa saja merangsang seleranya. The Seattle Sounders telah dikaitkan dengan Drogba dan bisa menyalakan kembali minat mereka musim panas mendatang. Dia nama besar yang akan membuat gebrakan besar.

Miroslav Klose – Pemenang Piala Dunia Klose telah menolak tawaran dari Amerika. Dia bisa dibilang sudah berada pada tahap akhir karirnya sebagai pemain. Ia kalau mau masih bisa melakukan pekerjaan di MLS. Mungkin sebagai pelatih?

Javier Hernandez – Dia pernah menawarkan dirinya untuk Chivas USA tapi pemilik saat itu tidak berminat. Sekarang Hernandez sedang galau di Manchester United dan dilaporkan ingin pindah klub, mungkin di sisi MLS akan ada klub lain yang menunjukkan minat. Dia pemain tim nasional Meksiko, dan memiliki banyak penggemar di sini jika ia datang.