Anak Legenda AC Milan Ikat Kontrak di PSG

  • Masih ingat George Weah? Legenda AC Milan itu rupanya punya satu anak yang kini resmi bergabung ke PSG, kemarin.

Timothy Weah
Timothy Weah

Timothy Weah mengikuti jejak ayahnya, yang pernah memenangkan Ballon d’Or, dengan cara menandatangani kontrak profesional dengan Paris Saint-Germain.

Pemain depan berusia 17 tahun itu telah menandatangani kontrak tiga tahun dengan PSG, klub yang juga pernah George Weah wakili pada periode 1992-1995. Buah jatuh tak jauh dari pohonnya.

Pada bulan September 2016, Weah muda mencetak hattrick dalam kemenangan 8-1 timnya atas klub Bulgaria, Ludogorets, pada debut Liga Pemuda UEFA-nya.

“Saya sangat bangga melanjutkan petualangan ini,” kata Weah, yang lahir di New York dan bergabung dengan New York Red Bulls sebelum pindah ke akademi PSG pada bulan Juli 2014.

“Saya berada di klub besar dan saya berharap bisa terus maju sehingga suatu hari saya bisa bermain untuk tim utama.”

George Weah yang kini berusia 50 tahun adalah mantan tiga kali Pemain Terbaik Afrika dan satu-satunya pemain sepak bola Afrika yang pernah memenangkan Ballon d’Or pada tahun 1995.

Dia membuat namanya terkenal saat merumput di Monaco pada tahun 1988 dan menikmati kesuksesan bersama PSG dan AC Milan selama dekade berikutnya.

Dia juga bermain untuk Chelsea dan Manchester City di Premier League pada akhir karirnya.

Internasional  - Anak Legenda AC Milan Ikat Kontrak di PSG
George Weah – AC Milan

George Tawlon Manneh Oppong Ousman Weah (lahir 1 Oktober 1966) dikenal pada masa jayanya sebagai striker.

Ia dianggap sebagai salah satu pemain Afrika terbesar sepanjang masa dan salah satu pemain depan terbaik.

Pada tahun 1989, 1994 dan 1995, ia dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Afrika, dan pada tahun 1996, ia dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Afrika abad ini.

Dikenal dengan akselerasi dan kemampuan dribble-nya, di samping finishingnya di depan gawang lawan, Weah digambarkan oleh FIFA sebagai “pelopor striker multi fungsi hari ini.”

Pada tahun 2004, ia dimasukkan oleh Pelé ke dalam daftar 100 legenda bola terbesar FIFA yang masih hidup.

Setelah memulai karirnya di negara asalnya Liberia, Weah menghabiskan 14 tahun karir sepak bola profesionalnya bermain untuk berbagai klub di Prancis, Italia dan Inggris. Arsène Wenger membawanya ke Eropa saat ia menandatangani kontrak dengan Monaco pada tahun 1988.

Weah pindah ke Paris Saint-Germain pada tahun 1992 di mana ia memenangkan Ligue 1 pada tahun 1994 dan menjadi pencetak gol terbanyak Liga Champions 1994-95. Dia menandatangani kontrak untuk AC Milan pada 1995 di mana dia menghabiskan empat musim yang sukses, dan memenangkan Serie A Italia dua kali.