Anelka Bantah Lakukan Salam Anti-Yahudi

4

  Nicolas Anelka, Penyerang West Bromwich Albion (WBA), bantah telah berbuat tindakan Anti-Yahudi menyusul salam Quelle yang dilakukannya beberapa waktu lalu. Ia terancam sanksi lima kali larangan bermain. Anelka melakukan salam Quelle dalam selebrasinya usai mencetak gol saat imbang 3-3 dengan West Ham United, 28 Desember lalu. Akan tetapi Anelka berjanji tidak akan mengulanginya lagi. […]

Anelka Bantah Lakukan Salam Anti-Yahudi - berita Internasional Liga Inggris

 

Nicolas Anelka, Penyerang West Bromwich Albion (WBA), bantah telah berbuat tindakan Anti-Yahudi menyusul salam Quelle yang dilakukannya beberapa waktu lalu. Ia terancam sanksi lima kali larangan bermain.

Anelka melakukan salam Quelle dalam selebrasinya usai mencetak gol saat imbang 3-3 dengan West Ham United, 28 Desember lalu. Akan tetapi Anelka berjanji tidak akan mengulanginya lagi.

Pimpinan Organisasi Yahudi, CRIF (Dewan Perwakilan Lembaga Yahudi Perancis) Roger Cukierman secara tidak langsung menyatakan bahwa Anelka tidak bersalah.

“Gestur itu hanya bisa dikatakan Anti-Semit kalau dilakukan di Sinagoga (tempat beribadah orang Yahudi) atau peringatan korban Holocaust. Di tempat yang tidak memiliki arti penting bagi orang-orang Yahudi, itu hanya gerakan anti kemapanan dan tidak perlu diberikan sanksi keras,” kata Cukierman seperti dirilis oleh BBC Sport, Rabu (22/1/2014).

Anelka berkilah dirinya melakukan itu sebagai bentuk dukungan kepada rekan senegaranya, Dieudonne M’bala M’bala, yang merupakan seorang komedian.

M’bala M’bala sendiri merupakan figur kontroversial dan telah dilarang tampil oleh pemerintah Prancis karena kerap menunjukan salam Quelle atau disebut perbuatan Anti-Semit dalam setiap penampilannya.

Kini ia terancam mendapat sanksi larangan tampil dalam lima pertandingan oleh Federasi Sepakbola Inggris (FA). FA masih memberikan waktu panjang kepada Anelka untuk menjelaskan tindakannya itu hingga Kamis, 23 Desember mendatang.

Dampaknya bagi WBA, mereka harus kehilangan sponsor akibat tindakan Anelka tersebut. Zoopla, sponsor utama WBA memutuskan mengakhiri kerjasama akhir musim ini. Salah-satu pemilik Zoopla, Alex Chesterman, yang merupakan keturunan Yahudi, tidak senang melihat sikap Anelka itu.