Berita Bola - Apakah Aturan Baru Tim Brasil Ini Mengincar Neymar? -

Pemain Brazil diberitahu untuk tidak lagi memakai topi, anting-anting atau sandal jepit sementara bertugas bersama tim sepakbola nasional di bawah komando pelatih baru, Dunga.

Mereka juga tidak bisa menggunakan ponsel atau tablet pada waktu tertentu, dan dilarang melibatkan diri diskusi agama atau politik.

Bocoran kode etik internal itu diterbitkan Kamis oleh surat kabar Folha de S. Paulo, koran terbesar di Brasil.

Konfederasi sepak bola Brasil membenarkan soal kode etik baru yang lebih ketat itu saat konferensi pers di mana Dunga mengumumkan skuad untuk pertandingan persahabatan melawan Turki dan Austria pada bulan November.

Panduan konfederasi untuk perilaku yang baik sudah ada tapi direvisi setelah Dunga mengambil alih, menyusul kinerja mengecewakan Brasil di Piala Dunia tahun ini.

“Ada aturan di perusahaan apapun, dan bahkan dalam keluarga kami ada perilaku yang diperlukan untuk menjaga keharmonisan yang baik,” kata Dunga.

“Kami tidak melarang apa-apa. Sudah ada aturan. Kami hanya menyarankan beberapa hal yang kami pikir penting. Para pemain bertanggung jawab atas tindakan mereka sendiri dan tergantung pada apa yang terjadi kami akan memutuskan bagaimana  menanggapinya.”

BACA JUGA  Mikael Lustig Kagumi Bakat Akting Neymar

Berita Bola - Apakah Aturan Baru Tim Brasil Ini Mengincar Neymar? -

Panduan 16 halaman yang diterbitkan oleh Folha mengatakan, pemain dapat dihukum jika mereka tidak mengikuti pedoman kode etik tersebut. Mereka bisa menerima peringatan, denda, atau bahkan dikeluarkan dari skuad nasional, menurut harian itu.

Sebagai seorang mantan gelandang bertahan dalam tugas keduanya atas tim nasional, Dunga dikenal karena ketangguhan sebagai pemain dan terus menumbuhkan citra disiplin saat menjadi pelatih setelah kesempatan pertama di Piala Dunia 2006.

Bulan lalu, bek kanan Maicon dicoret namanya dari laga persahabatan di Amerika Serikat karena gagal melapor ke hotel tim pada saat yang ditetapkan oleh pelatih Dunga dan konfederasi Brasil.

“Saya pikir penggemar menuntut lebih dari tim nasional,” katanya. “Dari apa yang telah kita lihat sejauh ini, para pemain menyukai apa yang disajikan kepada mereka, sekarang mereka tahu apa batas yang diizinkan.”

Berita Bola - Apakah Aturan Baru Tim Brasil Ini Mengincar Neymar? -

Tidak ada pembatasan resmi di bawah pelatih Luiz Felipe Scolari di Piala Dunia, ketika tuan rumah tersingkir dengan kerugian 7-1 dari Jerman di semifinal. Pemain secara teratur terlihat mengenakan topi, sandal jepit, dan menggunakan ponsel di kamp latihan tim.

BACA JUGA  Hasil Skotlandia vs Kanada, 23 Maret 2017

Panduan baru mengatakan pemain tidak boleh menggunakan atau memakai barang-barang yang dilarang selama pertemuan bersama makan siang dan makan malam, atau di kamar ganti dan rapat-rapat tim. Mereka diberitahu untuk memakai kaus kaki dan sepatu sport.

Juga diatur bahwa tak seorang pun boleh meninggalkan meja sebelum semua orang selesai makan, dan bahwa kapten harus menjadi yang pertama yang boleh pergi.

Mereka tidak bisa mengungkapkan pendapat politik atau agama mereka sementara bersama dengan tim nasional, dan harus selalu menyanyikan lagu kebangsaan sebelum pertandingan.

Menurut Folha, panduan juga mengatakan para pemain bertanggung jawab untuk membayar biaya ekstra selama perjalanan, termasuk biaya untuk panggilan telepon dan kelebihan bagasi.

Brasil telah memenangkan semua empat pertandingan sejak kembalinya Dunga, mengalahkan Ekuador, Kolombia, Argentina dan Jepang.

Gibolers! Berikan komentar terbaikmu untuk berita bola ini!