Argentina vs Belgia, Yang Harus Diwaspadai Dari Generasi Emas Belgia

12

Argentina telah memenangi tiga dari empat pertemuan mereka dengan Belgia, mencetak 10 gol dan kebobolan empat. Laga antara Argentina vs Belgia bakal digelar malam ini pukul 23.00 wib 5/7/2014 di Estadio de Brasilia, Brasilia, Brasil. Laga perempat final Piala Dunia ini diprediksi bakal seru, dengan Argentina yang mengandalkan Messi dan Belgia yang kini melaju di ajang […]

Internasional Piala Dunia  - Argentina vs Belgia, Yang Harus Diwaspadai Dari Generasi Emas Belgia

Argentina telah memenangi tiga dari empat pertemuan mereka dengan Belgia, mencetak 10 gol dan kebobolan empat.

Laga antara Argentina vs Belgia bakal digelar malam ini pukul 23.00 wib 5/7/2014 di Estadio de Brasilia, Brasilia, Brasil. Laga perempat final Piala Dunia ini diprediksi bakal seru, dengan Argentina yang mengandalkan Messi dan Belgia yang kini melaju di ajang Piala Dunia dengan segudang bintang mereka.

Gilabola.com akan merinci satu per satu apa saja yang perlu diwaspadai dalam laga ini …

Duel utama: Lionel Messi (Argentina) v Vincent Kompany (Belgia)

Figur Lionel Messi adalah segalanya bagi Argentina – ia tampak tenang di pertandingan terakhir di babak 16 mereka dan kemudian memenangkan pertandingan di akhir perpanjangan waktu. Kompany adalah pemain kelas dunia tetapi rentan jatuh – sesuatu yang dia tidak mampu saingi dari peraih empat kali Ballon d’Or, Lionel Messi.

Pemain Yang Bakal Jadi Perhatian Utama: Javier Mascherano (Argentina)

Semua fokus mungkin berada pada Messi, namun Mascherano tetaplah sangat penting bagi mereka di lini tengah. Dia telah memainkan banyak peran sebagai bek tengah untuk Barcelona dengan keterampilan defensif yang lebih baik dari saat  ia berada di Liverpool. Dia selalu berada di depan empat bek belakang dan juga sering memberikan umpan yang mematikan. Dia telah membuat passing dan takel lebih banyak daripada rekan satu timnya.

Head-to-head:  4 Kali Pertemuan, Argentina Menang 3, Belgia Menang 1

Statistik:

  • Argentina telah memenangi tiga dari empat pertemuan mereka dengan Belgia, mencetak 10 gol dan kebobolan empat.
  • Di Piala Dunia, mereka masing masing memiliki satu kemenangan: Belgia adalah pemenang di babak grup dari edisi 1982 (1-0) sedangkan Argentina menang 2-0 di semi-final empat tahun kemudian berkat dua gol Diego Maradona. Itu adalah pertemuan terakhir mereka.
  • Sejak Piala Dunia 2010, Argentina telah memenangkan delapan dari sembilan pertandingan mereka dalam kompetisi, hanya kekalahan mereka datang di perempat final edisi 2010 melawan Jerman (0-4).
  • Argentina telah memenangkan enam dari 19 pertandingan terakhir Piala Dunia mereka melawan tim Eropa di Piala Dunia.
  • Ini adalah ketiga kalinya berturut-turut Argentina mencapai perempat final Piala Dunia. Namun, Albiceleste tidak pernah pergi lebih jauh dari perempat final sejak mereka mencapai final pada tahun 1990.
  • Argentina belum memenangkan salah satu dari empat laga terakhir di babak perempat final Piala Dunia mereka, kalah melalui adu penalti melawan Yugoslavia pada tahun 1990 dan tersingkir pada tahun 1998 (1-2 v Belanda), 2006 (adu penalti v Jerman) dan 2010 (0 – 4 v Jerman).
  • Belgia telah mencapai perempat final Piala Dunia untuk kedua kalinya dalam sejarah mereka setelah tahun 1986. Mereka akhirnya finish di urutan keempat saat itu.
  • Argentina telah menang (melalui adu penalti atau juga melalui perpanjangan waktu) dalam enam dari tujuh pertandingan Piala Dunia mereka.
  • Argentina dan Belgia adalah dua dari tiga tim yang telah memenangkan semua laga mereka di Piala Dunia 2014 (termasuk melalui perpanjangan waktu), tim lainnya adalah  Belanda. Keempat kemenangan Argentina dan Belgia hanya dengan selisih satu gol.
  • Belgia enam gol di Piala Dunia ini semuanya dicetak di atas menit ke-70. Juga, empat dari enam gol mereka telah dicetak oleh pemain pengganti.
  • Belgia dan Argentina memiliki tembakan paling banyak di Piala Dunia ini (masing-masing 83 dan 80). Marc Wilmots dengan shot on target terbanyak (32).
  • Argentina memiliki rata-rata 64,3 persen penguasaan bola di Piala Dunia ini, rasio tertinggi di turnamen ini.
  • Lionel Messi telah mencetak 4 gol dan 1 assist  dari tujuh gol Argentina di Piala Dunia ini. Tiga dari empat gol ia cetak dari luar kotak penalti.
  • Messi adalah pemain yang mendribble paling banya di Piala Dunia ini dan menciptakan peluang paling banyak untuk rekan satu timnya (18).
  • Pada pertandingan babak 16 besar melawan Swiss, Angel di Maria mencoba 12 tembakan, paling banyak dalam sebuah pertandingan Piala Dunia oleh pemain Argentina (1966-2014). Dia juga mencetak satu-satunya gol dalam laga.
  • Javier Mascherano telah melakukan takel terbanyak di Piala Dunia ini (18 dari 22 percobaan).
  • Kevin De Bruyne melakukan tembakan 10 kali saat melawan Amerika Serikat, lebih banyak dari pemain lain dalam pertandingan di Piala Dunia ini. Dia juga terlibat dalam dua gol Belgia, mencetak gol pertama dan assist yang kedua.