Legenda Arsenal Dapatkan Lisensi A Kepelatihan di UEFA

  • Legenda sepak bola Perancis dan Arsenal setapak lagi menjadi seorang pelatih. Soalnya sosok yang sekarang bekerja sebagai komentator di televisi itu sudah merampungkan Lisensi A Kepelatihan di UEFA.

 

 

Legenda sepak bola Perancis dan Arsenal setapak lagi menjadi seorang pelatih. Soalnya sosok yang sekarang bekerja sebagai komentator di televisi itu sudah merampungkan Lisensi A Kepelatihan di UEFA.

Berita Bola – Kebahagiaan Thierry Henry yang sudah merampungkan Lisensi A itu pun ia umbar ke publik melalui media sosisal Instagram. Pada unggahannya, sosok berumur 38 tahun tersebut menyampaikan terima kasih di antaranya kepada asosiasi sepak bola Wales dan Akademi Arsenal sebab sudah membantunya mendapatkan Lisensi A.

Henry menyelesaikan kursus Lisensi A di bawah asosiasi sepak bola Wales. Hal yang sama ia jalani ketika memperoleh Lisensi B pada tahun lalu.

Dengan sertifikat Lisensi A, Henry sekarang dapat menjadi pelatih untuk klub pada kasta kedua kompetisi domestik seperti di bawah Liga Primer Inggris atau pada tingkat akademi.

Agar bisa menukangi klub di level atas atau turut berlaga pada kompetisi sepak bola UEFA, Henry membutuhkan pengakuan lain. Ia mesti mengambil kursus kepelatihan lagi untuk memperoleh Lisensi Pro UEFA.

Thierry Henry ialah bagian dari pemain timnas Perancis ketika menjuarai Piala Dunia 1998 dan Piala Eropa 2000. Ia juga menjadi bagian dari timnas Perancis ketika bermain di Piala Dunia 2006–dalam turnamen tersebut kalah di final dari Timnas Italia melalui adu penalti.

Teman-teman Henry ketika meraih trofi Piala Dunia 1998 dan Piala Eropa 2000 saat ini sudah ada yang lebih dulu menjadi pelatih. Beberapa di antaranya yang sekarang ini mencoolok adalah Laurent Blanc (Bek dan Kapten Timnas Perancis 1998) yang saat ini melatih Paris Saint-Germain. Lantas ada Didier Deschamps yang kini membesut timnas Perancis dan pelatih Real Madrid Zinedine Zidane.

Disamping itu, Patrick Vieira yang juga sama-sama pernah bermain untuk Arsenal bersama Henry saat ini menjadi manajer tim Amerika, New York City FC.