Arturo Vidal Mundur Dari Timnas Chile

  • Gelandang Bayern Munchen Arturo Vidal memutuskan mundur dari sepakbola internasional setelah Chile gagal lolos ke Piala Dunia 2018.

Arturo Vidal

Merasa kecewa lantaran Chile gagal lolos ke Piala Dunia 2018 usai dikalahkan Brasil Rabu (11/10) pagi WIB, gelandang pekerja keras Arturo Vidal memutuskan pensiun dari tim nasional negaranya.

Chile dikalahkan Brasil 3-0 dalam laga terakhir babak kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Conmebol Rabu pagi WIB. Kekalahan itu membuat tim berjuluk La Roja ini terpuruk ke posisi keenam klasemen akhir Conmebol dan gagal melaju ke Rusia tahun depan.

Yang menyakitkan adalah Chile hanya kalah selisih gol dari peringkat kelima Peru yang lolos ke babak play-off. Sama-sama mengoleksi nilai akhir 26, Peru memiliki selisih gol plus 1 (27-26), sedangkan Chile memiliki selisih gol minus 1 (26-27). Mereka juga hanya terpaut satu poin di bawah peringkat keempat Kolombia.

Kegagalan yang menyakitkan itu mendorong Vidal untuk mengambil keputusan pensiun dari Timnas. Pemain 30 tahun yang berperan penting dalam membawa Chile juara Copa America dua kali berturut-turut pada musim 2015 dan 2016 ini, mengaku dia mengambil keputusan pensiun itu dalam suasana “jiwa yang hancur” (kecewa).

“Terima kasih banyak untuk semua hal. Sepanjang tahun ini saya telah membaktikan hidup saya di setiap pertandingan (dan) dan bekerja keras dengan kemampuan yang saya miliki demi negara. Jiwa (perasaan) saya memang hancur, tapi sekaligus bangga dengan pemain dan staf teknis ini,” ungkap Vidal di akun Twitter.

Selain Vidal, pelatih Chile Juan Antonio Pizzi juga mengundurkan diri menyusul hasil mengecewakan yang dialami di Sao Paulo, Rabu (11/10) pagi WIB.