Bakal Ada Kartu Putih, Kotak Hukuman, dan 5 Pergantian Pemain di Sepakbola

Siap-siap, bakal ada yang namanya kartu putih, kotak hukuman untuk pemain bandel, dan pergantian pemain diizinkan sampai 5 orang di satu laga. Kalau pun tidak berlaku untuk seluruh dunia, kemungkinan besar sepakbola Eropa (UEFA) akan memulai aturan baru itu. Adalah Presiden UEFA Michel Platini yang mengusulkan bentuk hukuman baru, kartu putih yang akan diikuti dengan mengurung pemain […]

Sepakbola - Jose Mourinho langsung menjelaskan kenapa dirinya nekat ganti formasi Manchester United. Hal ini sempat bingungkan fans MU.

Internasional Liga Champions Piala Eropa  - Bakal Ada Kartu Putih, Kotak Hukuman, dan 5 Pergantian Pemain di Sepakbola

Siap-siap, bakal ada yang namanya kartu putih, kotak hukuman untuk pemain bandel, dan pergantian pemain diizinkan sampai 5 orang di satu laga.

Kalau pun tidak berlaku untuk seluruh dunia, kemungkinan besar sepakbola Eropa (UEFA) akan memulai aturan baru itu.

Adalah Presiden UEFA Michel Platini yang mengusulkan bentuk hukuman baru, kartu putih yang akan diikuti dengan mengurung pemain di kotak hukuman. Hukuman ini khusus dirancang untuk para pemain yang memprotes wasit secara berlebihan.

Mantan pemain asal Prancis ini menilai, ada kasus-kasus di mana wasit perlu mendapatkan kuasa tambahan untuk menghalau pemain keluar lapangan selama 10 menit, di luar sistem kartu kuning dan kartu merah yang sudah ada saat ini.

Platini membuat komentarnya itu dalam buku terbarunya, Parlons Football (Mari Kita Bicara Sepakbola), di mana ia juga menyarankan setiap tim harus diizinkan untuk membuat lima pergantian pemain dalam satu permainan, bukan seperti saat ini yang dibatasi tiga saja.

Usul “penciptaan kartu putih” yang “diikuti dengan pengusiran sementara – istirahat – selama 10 menit.” menurut Platini dibutuhkan guna memerangi “maniak penantang wasit” yang “menyebar seperti epidemi dalam sepakbola.”

Soal pergantian pemain, Platini mengatakan, ia ingin “untuk dapat mengoperasikan dua pergantian di masa jeda turun minum, sehingga masih ada kemungkinan tiga perubahan lagi selama permainan”.

Platini, mantan kapten Prancis dan pemenang Euro 1984, juga mengusulkan penghapusan satu aturan saat ini yang menjatuhkan hukuman tiga kali lipat bagi pemain yang menghalangi lawan yang memiliki kesempatan mencetak gol di area penalti. Kasus semacam ini biasanya dihukum tiga kali lipat, dengan penalti, kartu merah dan suspensi di laga berikutnya.

Sebaliknya, ia berpendapat harus ada “hukuman ganda: penalti dan kartu kuning jika pelanggaran dilakukan di area penalti, kartu merah dan tendangan bebas jika di luar kotak penalti.”

Sepakbola.cc