Ballon d’Or: Dominasi La Liga, Premier League dan Kebangkitan Prancis!

La Liga dan Liga Premier terbukti menjadi kekuatan dominan di nominasi daftar Ballon d’Or, memberikan 21 dari 30 pemain yang diajukan untuk mendapatkan penghargaan sepak bola individu tahunan yang paling didambakan. Liga papan atas Spanyol memimpin dengan 13 pemain – enam dari mereka yang berasal dari juara Eropa Real Madrid, dengan pemenang La Liga dan […]

Nominasi Ballon d'Or 2016

Internasional  - Ballon d’Or: Dominasi La Liga, Premier League dan Kebangkitan Prancis!

La Liga dan Liga Premier terbukti menjadi kekuatan dominan di nominasi daftar Ballon d’Or, memberikan 21 dari 30 pemain yang diajukan untuk mendapatkan penghargaan sepak bola individu tahunan yang paling didambakan.

Liga papan atas Spanyol memimpin dengan 13 pemain – enam dari mereka yang berasal dari juara Eropa Real Madrid, dengan pemenang La Liga dan Copa del Rey Barcelona dan Atletico Madrid dipaksa puas masing-masing hanya mengirim empat dan tiga pemain.

Ronaldo Favorit

Cristiano Ronaldo adalah favorit untuk memenangkan penghargaan untuk keempat kalinya, setelah membantu Portugal untuk meraih trofi Euro 2016 dan juga meraih trofi Eropa di tingkat klub bersama Real Madrid.

Ronaldo kini telah terpilih untuk masuk dalam nominasi Ballon d’Or selama 13 tahun berturut-turut dari tahun 2004 dan seterusnya, sebuah rekor terpanang sepanjang masa untuk penghargaan yang sekarang kembali di bawah naungan tunggal publikasi Prancis France Football menyusul perpecahan dengan FIFA.

Lionel Messi meraih mahkotanya sebagai pemain utama sepak bola dunia untuk kelima kalinya akan menjadi pesaing kuat dan ia masuk bersama nominasi dari Barcelona lainnya dengan Andres Iniesta, Neymar dan Luis Suarez.

Sementara rekan senegaranya Suarez Diego Godin mewakili Atletico, bersama dengan gelandang Spanyol Koke dan penyerang Prancis Antoine Griezmann.

Transfer Tingkatkan Partisipasi Premier League

Kedatangan Paul Pogba dan Zlatan Ibrahimovic, yang bergabung dengan Manchester United dari Juventus dan Paris Saint-Germain membantu Liga Primer masuk sebagai salah satu liga penyumbang nama nominasi terbanyak tahun ini..

Kepergian Ibrahimovic dari ibukota Perancis membuat Ligue 1 tidak memiliki perwakilan di dalam daftar nominasi, sementara kepergan Pogba tak begitu berpengaruh dengan masih masuknua tiga nominasi Serie A lainnya, yaitu trio Juventus Gianluigi Buffon, Paulo Dybala dan Gonzalo Higuain.

Sementara di Bundesliga, Robert Lewandowski, Thomas Muller, Manuel Neuer dan Arturo Vidal mewakili juara Bayern Munich dengan Borussia Dortmund menyumbang satu nama Pierre-Emerick Aubameyang untuk menemani mereka.

Pasukan juara Premier League Leicester City mengirim dua, Riyad Mahrez dan Jamie Vardy, dengan Vardy adalah satu-satunya pemain asal Inggris dari delapan pemain dari papan atas negara itu.

Kebangkitan Prancis

Kesuksesan Prancis yang menampilkan performa mengesankan di Euro 2016, kendati kalah di final dari Portugal, membuat mereka berhasil mengirim tiga nama atas anma kiper Tottenham Hugo Lloris, gelandang West Ham Dimitri Payet, gelandang Man United, Paul Pogba dan penyerang Atletico, Antoine Griezmann, menjadi rekor keikutsertaan pemain Les Blues terbanyak dalam nominasi sejak tahun 2009.

Angka itu hanya bisa disamai oleh Argentina – Messi, Aguero, Dybala dan Aguero – sementara Portugal, Jerman dan Spanyol masing-masing menyediakan tiga pemain.

Secara total, 17 negara mewakili nominasi, dengan lima kali juara dunia Brazil salah satu dari 11 negara untuk menawarkan satu nominasi, dengan mereka mengirim pemenang Olimpiade Rio, kapten Neymar.

Sepakbola.cc