Banding Luis Suarez Ditolak FIFA

  Badan sepakbola dunia FIFA hari Kamis menolak banding Luis Suarez terkait kasus gigitan terhadap bahu pemain Italia Giorgio Chiellini. Sebelumnya, FIFA menjatuhkan hukuman melarang Suarez terlibat dalam aktivitas sepakbola selama empat bulan dan sembilan laga bola internasional. Komite banding FIFA menolak banding yang diajukan oleh Asosiasi Sepak Bola Uruguay (AUF), meskipun pihak AUF masih dapat […]

suarez2

 

Badan sepakbola dunia FIFA hari Kamis menolak banding Luis Suarez terkait kasus gigitan terhadap bahu pemain Italia Giorgio Chiellini. Sebelumnya, FIFA menjatuhkan hukuman melarang Suarez terlibat dalam aktivitas sepakbola selama empat bulan dan sembilan laga bola internasional.

Komite banding FIFA menolak banding yang diajukan oleh Asosiasi Sepak Bola Uruguay (AUF), meskipun pihak AUF masih dapat membawa kasus ini ke Pengadilan Arbitrasi Olahraga (CAS), kata seorang juru bicara FIFA.

Striker kontroversial yang baru saja ditransfer dari Liverpool ke Barcelona itu dilaporkan membenamkan giginya ke bahu Chiellini saat laga kemenangan Uruguay 1-0 atas Italia pada tanggal 24 Juni lalu. Kemenangan tersebut membawa Uruguay lolos ke babak 16 besar saat mana, tanpa kehadiran Suarez, mereka kalah 2-0 dari Kolombia.

Dampak segera dari larangan itu akan diderita oleh Barcelona, yang tidak mungkin memanfaatkan jasa pemain Uruguay itu selama setidaknya empat bulan ke depan.

Suarez awalnya membantah telah menggigit Chiellini tetapi mengajukan permintaan maaf hampir seminggu kemudian. “Yang sesungguhnya terjadi adalah rekan saya Giorgio Chiellini menderita dampak fisik dari sebuah gigitan dalam insiden tabrakan dengan saya,” kata Suarez dalam sebuah pernyataan di Twitter.   

Komite disiplin FIFA memutuskan bahwa Suarez telah bertindak sengaja, dan menjatuhkan keputusan hukuman terpanjang yang pernah dikenakan pada pemain di Piala Dunia. Itu menimbulkan kemarahan di tanah airnya Amerika Selatan, di mana ia disambut bak  pahlawan saat kembali.

FIFA kemudian menjelaskan bahwa salah satu alasan Suarez diberi hukuman berat adalah karena ia sudah dua kali melakukan hal yang sama sebelumnya dan tidak menunjukkan penyesalan.

Chiellini sendiri menjelaskan bahwa larangan empat bulan dan 9 laga internasional itu terlalu berlebihan

Sepakbola.cc