Beginilah Isi Sidang Banding Luis Suárez

6

Luis Suárez baru saja selesai menghadiri sidang banding di Pengadilan Arbitrasi Olahraga (CAS) di Laussane, Swiss, dan terbang langsung kembali ke Barcelona. Beginilah kurang lebih isi sidang banding Luis Suárez tersebut. Pengacara asal Uruguay, Alejandro Balbi mengatakan kepada media usai sidang bahwa ia “senang telah muncul di depan sebuah badan independen” seperti Pengadilan Arbitrasi Olahraga ini untuk mencoba […]

Beginilah Isi Sidang Banding Luis Suárez - berita Internasional Liga Spanyol

Luis Suárez baru saja selesai menghadiri sidang banding di Pengadilan Arbitrasi Olahraga (CAS) di Laussane, Swiss, dan terbang langsung kembali ke Barcelona. Beginilah kurang lebih isi sidang banding Luis Suárez tersebut.

Pengacara asal Uruguay, Alejandro Balbi mengatakan kepada media usai sidang bahwa ia “senang telah muncul di depan sebuah badan independen” seperti Pengadilan Arbitrasi Olahraga ini untuk mencoba mengurangi hukuman larangan atas pesepakbola negerinya itu.

Balbi menyatakan bahwa, “Semua pihak didengar suaranya. Luis diinterogasi secara terus menerus dan semua orang diberi kesempatan untuk berbicara secara bebas.”

Balbi, yang juga anggota dari AUF atau PSSI-nya Uruguay, mengungkapkan bahwa persidangan dimulai pada pukul 08:30 waktu setempat dan berlanjut sampai 15:30, dengan “hampir hanya lima belas menit istirahat untuk minum air.”

Balbi melanjutkan, “Kami hanya harus menunggu” untuk hasil keputusan CAS, yang “akan muncul dalam delapan sampai sepuluh hari”, sembari mengatakan bahwa mereka harus bicara secara “hati-hati”, agar jangan sampai membocorkan rincian lainnya dari sidang yang juga dihadiri oleh pengacara dari klub pemain, FC Barcelona.

Suárez dikatakannya tampil “rileks” di seluruh sesi sidang, meskipun ia “tidak sabar ingin kembali ke permainan secepat mungkin.”

“Pelatihan sendirian, di gym, tidak sama dengan berlatih bareng tim,” kata Balbi.

Sebelum ini Balbi mengatakan, karena insiden menggigit itu terjadi saat bermain untuk tim nasional Uruguay di turnamen Piala Dunia maka hendaknya larangan tersebut hanya dibatasi pada event sepakbola internasional, bukan di level klub.

Tim hukum berharap CAS akan mengurangi separuh larangan itu menjadi dua bulan saja, yang berarti mantan striker Liverpool tersebut akan bisa mulai bermain pada tanggal 25 Agustus 2014.

FIFA memberlakukan larangan empat bulan dari semua aktivitas yang berhubungan dengan sepakbola, ditambah larangan  sembilan pertandingan internasional dan denda £ 66.000 (Rp 1,3 Milyar) setelah Suarez menggigit bek Italia Giorgio Chiellini saat menang laga 1-0. Pada tanggal 24 Juni komite banding FIFA menguatkan sanksi tersebut.

Pengacara Suarez Alejandro Balbi, yang juga anggota dari AUF (PSSI-nya Uruguay), mengakui hanya ada sedikit kesempatan untuk membalikkan larangan sembilan pertandingan internasional tersebut, tetapi mengatakan bahwa masih ada ruang untuk pengurangan larangan empat bulan dengan alasan bahwa hal itu melanggar “hak-hak dasar” pemain untuk mencari nafkah.

Balbi mengatakan kepada surat kabar Uruguy El Observador: “Akan lebih masuk akal mengurangi beberapa bulan sanksi daripada mengurangi larangan pertandingan internasional, karena secara hukum lebih mudah untuk menyanggah persyaratan suspensi yang melarang dia ikut latihan dan aktivitas klub, karena itu melanggar hak asasi manusia.”

Jika banding CAS tidak mengabulkan banding Suarez maka ia baru boleh berlatih dan bertanding mulai 25 Oktober 2014.