Belanda Keok di Kandang, Masalahnya Di Pertahanan

3

Tim nasional Belanda dipermalukan Meksiko 2-3 dalam laga persahabatan di Amsterdam ArenA, Kamis (13/11) dinihari WIB. Kesalahan elementer yang dilakukan barisan pertahanan jadi penyebab kekalahan ini.

Belanda Keok di Kandang, Masalahnya Di Pertahanan - berita Internasional

Tim nasional Belanda dipermalukan Meksiko 2-3 dalam laga persahabatan di Amsterdam ArenA, Kamis (13/11) dinihari WIB. Kesalahan elementer yang dilakukan barisan pertahanan jadi penyebab kekalahan ini.

Pelatih Guus Hiddink menuding barisan pertahan skuatnya telah melakukan kesalahan fatal yang tidak seharusnya terjadi di level internasional.

“Barisan pertahanan kami melakukan kesalahan-kesalahan mendasar. Kesalahan seperti itu tidak boleh terjadi di pertandingan internasional,” kata Hiddink usai pertandingan seperti dilaporkan ESPN.

“Pada gol pertama, pemain belakang kami bediri terlalu jauh. Mereka tidak menempel lawan dengan ketat. Sudah begitu, pergerakan pemain juga lambat saat menutup lawan. Kesalahan ini berulang lagi pada gol kedua dan ketiga lawan,” tambah Hiddink.

Kesalahan yang dimaksud Hiddink adalah terlalu terbukanya lini pertahanan timnya sehingga memberikan ruang dan waktu kepada penyerang-penyerang Meksiko untuk beraksi. Padahal pemain-pemain Meksiko dikenal sangat cepat dan lincah.

Gol pertama Meksiko yang dicetak Carlos Vela pada menit ke delapan, misalnya. Karena tak terkawal di jantung pertahanan Belanda, ia dengan mudah mengontrol bola kiriman Hector Herrera dari sisi kanan.

Dalam ruang yang cukup lebar di depan kotak penalti Belanda, dia melepaskan sepakan kaki kanan terarah ke sebelah kanan gawang Tim Krul tanpa bisa ditahan kiper milik Newcastle United tersebut.

Menurut Hiddink, gol Vela tidak terjadi kalau saja bek Joel Veltman terus menempel pemain itu secara ketat saat memasuki area pertahanan Belanda.

Lemahnya koordinasi lini pertahanan Belanda juga yang membuat mereka kebobolan dua gol lagi, yakni lewat gol kedua Vela di menit ke-62 dan gol Javier Hernandez di menit ke-69.

Gol kedua Vela bermula dari sebuah serangan balik. Bola kemudian diberikan kepada Jesus Corona yang langsung melambungkan bola ke sisi kanan pertahanan Belanda. Vela yang berada di sana kemudian menusuk masuk dan melepaskan sepakan terarah ke sudut gawang Belanda.

Sedangkan gol Hernandez terjadi setelah ia lolos dari perangkap offside yang gagal dari barisan pertahanan Belanda. Ia dengan mudah mencetak gol hasil umpan terobosan Andres Guardado.

Sementara dua gol balasan Belanda dicetak oleh Wesley Sneijder (49) dan Daley Blind (74).

Susunan Pemain

Belanda: Krul, Van Rhijn, Vlaar (De Vrij 24), Veltman, Willems, Blind, Afellay (Wijnaldum 68), Sneijder (Fer 81), Depay (Promes 60), Robben, Huntelaar.

Meksiko: Ochoa, Alanis, M. Herrera (Ruiz 61), Aldrete, Aguilar, Reyes, H. Herrera (J. Dos Santos 82), Guardado (Ponce 88), Vazquez (Rodriguez 88), Vela (Dos Santos 77), Hernandez (Jimenez 77).