Berharap Sukses Instan, Tim Ini Lima Kali Rekrut Pelatih Belanda

Jika akhirnya bisa menemui kesepakatan maka ini akan merupakan pelatih Belanda kelima yang disewa tim ini. Sang pelatih diharapkan bisa datang sebelum September 2014 dan membantu tim mencapai kejayaan dalam sebuah turnamen penting Januari 2015. Berharap sukses instan, tim ini sudah lima kali rekrut pelatih Belanda. Bert van Marwijk, yang memimpin Belanda ke final Piala Dunia 2010, dilaporkan tertarik […]

Internasional Piala Dunia  - Berharap Sukses Instan, Tim Ini Lima Kali Rekrut Pelatih Belanda
Jika akhirnya bisa menemui kesepakatan maka ini akan merupakan pelatih Belanda kelima yang disewa tim ini. Sang pelatih diharapkan bisa datang sebelum September 2014 dan membantu tim mencapai kejayaan dalam sebuah turnamen penting Januari 2015.

Berharap sukses instan, tim ini sudah lima kali rekrut pelatih Belanda.

Bert van Marwijk, yang memimpin Belanda ke final Piala Dunia 2010, dilaporkan tertarik mengambilalih posisi pelatih kepala tim nasional Korea Selatan dan negosiasi akan berakhir pekan depan, kata kepala komite teknis KFA (PSSI-nya Korea), Kamis.

Lee Yong-soo kepada wartawan di Seoul mengatakan, dia terbang ke Belanda pada awal pekan ini dan mengadakan pertemuan dengan Van Marwijk, yang juga telah berhasil menangani klub Belanda Feyenoord dan tim Jerman Borussia Dortmund serta Hamburg SV.

Hong Myung-bo mengundurkan diri sebagai pelatih Korea Selatan pada bulan Juli lalu setelah hasil Piala Dunia yang menyedihkan, di mana mereka hanya memperoleh satu poin dan terdampar di posisi terbawah grup.

Internasional Piala Dunia  - Berharap Sukses Instan, Tim Ini Lima Kali Rekrut Pelatih Belanda
“Saya bertemu dengan pelatih Van Marwijk dan  ia tertarik pada tim sepakbola Korea Selatan,” kata Lee, yang juga mengepalai komite serupa pada tahun 2002 ketika Guus Hiddink membawa Korea ke posisi keempat di Piala Dunia di Jepang-Korsel.

“Kami berbicara selama satu jam dan 50 menit …. Tidak ada hasil yang konkret tapi kami telah mengkonfirmasi minatnya.”

Lee pekan lalu menyatakan panitia telah mempersempit daftar mereka hanya untuk tiga pelatih asing, dan Van Marwijk adalah satu-satunya calon yang mereka ajak bicara sejauh ini.

“Negosiasi dengan Van Marwijk akan selesai dalam waktu seminggu,” kata Lee.

Jika akhirnya berhasil, maka Van Marwijk akan menjadi pelatih Belanda kelima di tim Korea Selatan menyusul Hiddink, Jo Bonfrere, Dick Advocaat dan Pim Verbeek.

Verbeek adalah warga asing terakhir yang mengisi posisi pelatih Korea, mengundurkan diri setelah memimpin mereka ke tempat ketiga di Piala Asia 2007.

Korea Selatan berharap bisa memiliki pelatih baru sebelum laga persahabatan vs Venezuela dan Uruguay di September 2014 dan ia akan memiliki sedikit waktu sebelum Piala Asia 2015 di Australia pada bulan Januari 2015.

Van Marwijk dianggap memiliki jenis pengalaman yang dibutuhkan sehingga menjadi prioritas No 1 oleh KFA.

Selain membawa Belanda ke final Piala Dunia di Afrika Selatan empat tahun lalu, di mana mereka kalah 1-0 dari Spanyol, ia juga pernah melatih klub Bundesliga di Jerman.

Namun, hal ini tidak berjalan lancar sejak tahun 2010.

Lelaki 62 tahun itu meninggalkan pekerjaannya di timnas Belanda setelah mereka kalah dalam tiga pertandingan mereka di Euro 2012 dan ia dipecat oleh Hamburg pada bulan Februari 2014 setelah menjadi pelatih selama 143 hari saja.

Van Marwijk mengambil alih Hamburg pada September 2013 lalu ketika Hamburg berjuang di urutan 16 namun dipecat setelah mengalami tujuh kekalahan di Bundesliga.

Semoga nasibnya lebih baik di Korea Selatan.

Sepakbola.cc