Format Baru Ballon d’Or, Untuk Patahkan Dominasi Messi dan Ronaldo?

  • Berita Bola – Perubahan sistem pemungutan suara penghargaan Ballon d’Or ternyata diyakini untuk mematahkan dominasi duo Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Dengan berakhirnya kerjasama antara FIFA dengan majalah France Football maka selesai sudah penghargaan internasional bernama FIFA Ballon d’Or. Kesepakatan keduanya tidak lagi diperpanjang setelah FIFA dikepalai Gianni Infantino yang menang sebagi presiden pada awal […]

Ballon d'Or

Berita Bola – Perubahan sistem pemungutan suara penghargaan Ballon d’Or ternyata diyakini untuk mematahkan dominasi duo Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

Dengan berakhirnya kerjasama antara FIFA dengan majalah France Football maka selesai sudah penghargaan internasional bernama FIFA Ballon d’Or.

Kesepakatan keduanya tidak lagi diperpanjang setelah FIFA dikepalai Gianni Infantino yang menang sebagi presiden pada awal tahun.

Padahal keduanya sempat menjalin kerjasama pada 2010 yang mengawinkan Pemain Terbaik Dunia versi FIFA dengan Ballon d’Or versi France Football menjadi FIFA Ballon d’Or.

Kala itu, Sepp Blatter yang masih menjabat sebagai presiden federasi sepak bola tertinggi itu berani membayar Rp 222 miliar kepada France Football agar bisa merger.

Namun dengan keputusan berakhirnya kerjasama pada Jumat (16/9) kemarin, maka France Football merilis sistem pemilihan Ballon d’Or yang terbaru.

Nantinya, France Football akan mengumumkan 30 nama pesepakbola yang masuk nominasi pada akhir tahun, naik dari sebelumnya yang hanya 23 nama saja.

Setelah itu, pada pemilih yang terdiri dari jurnalis-jurnalis kenamaan dari media massa kondang akan mempunyai hak untuk menentukan pilihannya.

Sebelumnya, ketika masih bernama FIFA Ballon d’Or pemilih ditentukan berasal dari jurnalis, kapten dan pelatih tim nasional dari negara-negara anggota FIFA.

Berbeda dengan sebelumnya, tidak akan ada pengumuman tiga besar sebelum pelaksanaan gala sehingga hasilnya diharapkan akan memberikan kejutan.

Namun demikian, tersiar kabar bahwa cara tersebut sebagai upaya untuk mematahkan dominasi Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo di penghargaan Bola Emas.

Seperti diketahui, sejak namanya menjadi FIFA Ballon d’Or, kedua pemain yang merumput di Spanyol itu selalu keluar sebagai jawara.

Tapi dengan sistem yang baru maka semua pemain diyakini mempunyai kesempatan karena jumlah pemilih terbatas pada jurnalis semata.

Selain itu dengan jumlah nominator sebanyak 30 nama akan membuat persaingan menjadi juara kian kompetitif.

Internasional  - Format Baru Ballon d'Or, Untuk Patahkan Dominasi Messi dan Ronaldo?