Fans Nyanyikan Lagu Bakar Yahudi, Kirim Ke Kamar Gas…

Berita Bola: Sebuah rekaman video memperlihatkan fans sebuah tim sepak bola meneriakkan nyanyian yang bertemakan hujatan kepada orang Yahudi, agar mereka dibakar dan dikirim ke kamar gas. Nyanyian ini muncul di laga Utrecht vs Ajax, akhir pekan lalu.

Internasional  - Fans Nyanyikan Lagu Bakar Yahudi, Kirim Ke Kamar Gas...
Berita Bola: Fans Nyanyikan Lagu Bakar Yahudi, Kirim Ke Kamar Gas…

Berita Bola: Sebuah rekaman video memperlihatkan fans sebuah tim sepak bola meneriakkan nyanyian yang bertemakan hujatan kepada orang Yahudi, agar mereka dibakar dan dikirim ke kamar gas. Nyanyian ini muncul di laga Utrecht vs Ajax, akhir pekan lalu.

Tim Eredivisie Belanda, Ajax, sudah sejak lama dikaitkan dengan kepemilikan Yahudi di belakangnya. Hal yang mungkin berangkat dari kesalahpahaman karena stadion Ajax bertetangga dengan sebuah komunitas orang-orang Yahudi di kota Amsterdam, Belanda.

Klik di sini untuk melihat daftar klub-klub bola elit Eropa dengan identitas Yahudi.

Rekaman berisi nyanyian itu didokumentasikan pada hari Minggu di Stadion Galgenwaard di Utrecht, sebuah kota yang terletak 40 km sebelah tenggara dari ibukota Belanda, Amsterdam, selama pertandingan FC Utrecht vs Ajax Amsterdam, demikian laporan De Telegraaf.

Pendukung Utrecht meneriakkan slogan-slogan yang menghina penggemar tim lawan, yang sering mereka sebut “Yahudi” karena faktor lokasi dan sejarah Yahudi di Amsterdam.

Selama pertandingan, puluhan suporter bisa dilihat meneriakkan, “Ayahku berada di komando, ibuku berada di SS, bersama-sama mereka membakar orang-orang Yahudi, karena orang Yahudi membakar yang terbaik” dan seruan lainnya yang juga terkenal, “Hamas, Hamas, Yahudi ke kamar gas.”

Nyanyian itu berlangsung selama beberapa menit, menurut situs The Post Online.

Laga itu sendiri berakhir dengan skor 1-1.

Para petinggi klub Utrecht berjanji akan menghukum fans yang ketahuan meneriakkan slogan-slogan anti Yahudi tersebut. “Rasisme tidak akan ditoleransi di stadion,” kata Wilco van Schaik, direktur umum FC Utrecht, kepada kantor berita ANP Belanda.

Laporan itu tidak merinci langkah-langkah apa yang akan diambil terhadap para penggemar.

Teun den Hartog, ketua fan club FC Utrecht, mengatakan selebaran yang menginstruksikan bagaimana para fans seharusnya berperilaku dibagikan sebelum pertandingan dalam upaya untuk mendidik penggemar agar menahan diri dari slogan-slogan rasis.

Klub sepak bola terkemuka ADO Den Haag pada bulan April sudah melarang delapan penggemar memasuki stadion sepak bola kota selama lima sampai 10 tahun ke depan, menyusul nyanyian “Hamas, Hamas, Yahudi ke kamar gas” selama pertandingan melawan klub sepak bola Ajax.

Sepakbola.cc