Legenda Pele Jalani Operasi Prostat

  • Berita Bola: Legenda sepakbola Pele dalam kondisi stabil di rumah sakit setelah menjalani operasi terbaru untuk mengatasi pembesaran prostat yang dideritanya, dokter mengatakan.

Internasional  - Legenda Pele Jalani Operasi Prostat
Berita Bola: Legenda Pele Jalani Operasi Prostat

Berita Bola: Legenda sepakbola Pele dalam kondisi stabil di rumah sakit setelah menjalani operasi terbaru untuk mengatasi pembesaran prostat yang dideritanya, dokter mengatakan.

Pria berusia 74 tahun itu baru saja menjalani operasi pada hari Selasa dan kini menjalani tes untuk melihat apakah dia sudah bisa diizinkan pulang dari Rumah Sakit Albert Einstein di Sao Paulo, fasilitas yang sama yang menanganinya selama dua minggu tahun lalu untuk infeksi saluran kemih.

Rumah sakit mengatakan Pele sedang beristirahat di kamarnya setelah “reseksi transurethral dari prostat,” atau TURP.

Yayasan Peduli Urologi mengatakan operasi “memiliki hasil yang sangat baik dan standar bagus” dalam merawat pembesaran prostat non-kanker, kondisi umum pada pria yang menua.

Laporan media Brasil mengatakan operasi itu bertujuan untuk mencegah terulangnya infeksi kemih yang membuat dia dilarikan ke rumah sakit tahun lalu.

Kondisi kesehatan yang mengkhawatirkan itu, yang mencakup lima hari dalam perawatan intensif, terjadi setelah ia menjalani operasi batu ginjal pada tanggal 13 November. Setelah terjadi infeksi, ia dikirim kembali ke rumah sakit.

Ginjal satu-satunya – karena ginjal lainnya telah diambil menyusul cedera tulang rusuk selama karirnya sebagai pemain – telah berhenti bekerja dan ia harus dirawat dengan hemodialisis, prosedur cuci darah yang melibatkan penyaringan darah pasien melalui ginjal buatan.

Setelah opname di rumah sakit yang membuat khawatir para penggemar di seluruh dunia, dia diizinkan pulang pada tanggal 9 Desember, tampak berjalan dengan hati-hati tapi masih menyempatkan bercanda dengan para wartawan: “Saya sedang bersiap untuk Olimpiade…”

Internasional  - Legenda Pele Jalani Operasi Prostat

Pele, yang nama aslinya adalah Edson Arantes do Nascimento, secara luas dianggap sebagai pemain sepakbola terbesar sepanjang masa.

Sebagai satu-satunya pemain yang pernah memenangkan tiga gelar Piala Dunia, ia dinobatkan sebagai atlet abad ini oleh Komite Olimpiade Internasional pada tahun 1999.

Dijuluki O Rei (The King), Pele lahir di sebuah rumah sederhana di kota Tres Coracoes dan muncul sebagai bintang sepak bola Brasil.

Dia membuat debut profesional untuk klub Brasil Santos pada usia 15 tahun dan memenangkan Piala Dunia pertamanya saat berusia 17, mencetak dua gol dalam kemenangan akhir tahun 1958 atas tuan rumah Swedia.

Dia mencetak total 77 gol dalam 91 pertandingan untuk tim nasional Brasil yang warganya gilabola, melintasi karir yang luar biasa termasuk dua gelar Piala Dunia pada tahun 1962 dan 1970.

Pada tahun 1977, ia membawa New York Cosmos meraih gelar nasional AS di akhir musim bersama sejumlah pemain hebat Franz Beckenbauer, striker Italia Giorgio Chinaglia dan mantan kapten Brasil Carlos Alberto.

Dia mencetak total 1.281 gol sepanjang karirnya.